PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK PADA SISWA KELAS I SD
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i1.10Keywords:
penerapan metode, struktural analitik sintetik, keterampilan menulis siswaAbstract
Tujuan penelitian adalah: 1) untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru dalam pembelajaran menulis permulaan; 2) untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran menulis permulaan siswa melalui penerapan metode Struktural Analitik Sintetik; 3) untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa melalui metode Struktural Analitik Sintetik di kelas I-C SDN 88 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa di kelas I-C SDN 88 Kendari pada Semester Genap tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif/kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas mengajar guru adalah 80% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Data aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 60% dan mencapai 100% pada siklus II. Keterampilan menulis awal siswa pada siklus I sebesar 53,13% dengan rata-rata skor keterampilan 65,47 dan meningkat menjadi 87,50% pada siklus II dengan rata-rata skor keterampilan 76,41.
Downloads
References
Adriani, E. Y., Subyantoro, S., & Mardikantoro, H. B. (2018). Pengembangan Buku Pengayaan Keterampilan Menulis Permulaan yang Bermuatan Nilai Karakter pada Peserta Didik Kelas I SD. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(1), 27–33. DOI: https://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v3i1.445
Agusalim & Suryanti. 2021. Konsep dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Rendah. Bintang Pustaka Madani.
Dewi, K. J. K., Suwatra, I. I. W., & Arini, N. W. (2014). Penggunaan Metode Stuktur Analitik Sintetik (SAS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 7 Bungkulan. MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3868
Dahniar. 2016. Peningkatan Keterampilan Membaca Lanjutan dengan Metode SAS Siswa Kelas II SDN Ogowole. Jurnal Kreatif Tandulako Online, 4(8). 136-158. https://www.neliti.com/publications/121139/peningkatan-keterampilan-membaca-lanjutan-dengan-metode-sas-siswa-kelas-ii-sdn-2#id-section-content
Karim, K. H. (2016). Prolematika Pembelajaran Menulis Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIK, 4(1), 1–6. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/pedagigk/article/view/55
Khoridah, dkk. 2019. Analisis Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Kemampuan Menulis Permulaan. Journal for Lesson and Learning Stidies, 2(3), 396-403. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19899
Kurniasih, Imas, dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatankan Profesionalitas Guru. Kata Pena.
Latae, A., Barasandji, s., & Muhsin. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Metode SAS Siswa Kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tandulako Online, 2 (4), 199-213. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3987
Nurcahyanti, I., Samadhy, U., & Widihastrini, F. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Metode SAS Dengan Media Papan Selip. Joyful Learning Journal, 3(4), 139–144. DOI: https://doi.org/10.15294/jlj.v3i4.5920
Putri, F. W., Hartati, T., & Mulyasari, E. (2019). Penerapan Metode Sas Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 320-328. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/20675
Sani, Ridwan Abdullah. 2021. Pembelajaran Berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum. Bumi Aksara.
Sari, Luvita, dkk. Pengaruh Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sintetik Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4(4), 1124-1133. http://jbasic.org/index.php/basicedu
Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, II(2), 30-46. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551
Tahrim, dkk. 2021. Pengembangan Model dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.