MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WHITEBOARD ANIMATION WITH BENIME PADA SISWA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipsd.v6i1.51Keywords:
hasil belajar, model problem based learning, whiteboard animation with benimeAbstract
Pembelajaran yang monoton menyebabkan hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu, guru harus menciptakan suasana belajar yang kondusif agar hasil belajar siswa meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Whiteboard Animation with Benime di kelas IV SD Negeri 51 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada siklus I terdapat 10 siswa atau 40% tuntas dan 15 siswa atau 60% tuntas dengan nilai rata-rata 59,96. Sedangkan, pada siklus II terdapat 23 siswa atau 92% tuntas dan 2 siswa atau 8% tidak tuntas dengan nilai rata-rata 86,84. Secara klasikal ketuntasan hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan sebesar 52% dari siklus I ke siklus II dan telah memenuhi indikator keberhasilan 80% dengan standar KKM ≥ 70. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media Whiteboard Animation with Benime dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 51 Kendari.
Downloads
References
Aini, U. N., Utami, T. W., Khalidiyah, T., & Huriyah, L. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Aplikasi Benime dalam Meningkatkan Pemahaman pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Siswa SMP. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(1), 57–65. https://doi.org/10.30762/ed.v6i1.117
Amrina, A., Mudinillah, A., & Syurfa, Z. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Benime Sebagai Penunjang Pembelajaran Mufrodat Kelas VII MTsN Pasir Lawas. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 98. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.5810
Budiarti, A., Handhika, J., & Kartikawati, S. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-Book Pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2(2), 21. https://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1795
Chairiyah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Benime Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup pada Siswa Kelas III SDN 101893 Bangun Rejo. Jurnal Handayani PGSD Unimed, 12(2), 126. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.5810
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., Radia, E. H., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning ( PBL ) siswa kelas 4 SD. 3(2), 71–78. https://doi.org/ 10.26486/jm.v3i2.694
Fatah, P. R., Kisai, A. A., Nurkholis, N., & Labudasari, E. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Peningkatan Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Sekolah Dasar. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 9(1), 106. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.46168
Kurnia, U. (2015). Efektivitas Penggunaan Gambar Pada Brosur dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMA N 5 Padang. Pillar of Physics Education, 6, 105–112. https://doi.org/ 10.24036/1810171074
Meldina, T. (2019). Implementasi Model Learning Start With a Question Strategi Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 211–219. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5138
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Buku, 13.
Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17–22. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.519
Rahmayani, D. (2013). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Kominikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(Vol 3 No 1), 13–23. https://doi.org/10.23969/pjme.v3i1.2486
Safitri, M., Yennita, Y., & Idrus, I. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl). Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 103–112. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.103-112
Suwandi, S. (2013). Modul Pendidikan Dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) Penelitian Tindakan Kelas. Modul, 36.
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL). Buku, 1–92.