PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS II SD
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipsd.v6i1.49Keywords:
kemampuan membaca permulaan, media kartu kata bergambarAbstract
Kesulitan siswa dalam membaca permulaan dikelas II dikarenakan oleh pelaksanaan alat pembelajaran yang digunakan guru untuk mengajar membaca yaitu masih belum bervariasi dan membosankan sehingga pemahaman membaca awal siswa kelas II rendah. Sehingga tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dengan memakai media pembelajaran yaitu kartu kata bergambar. Kegiatan ini dilakukan di SD Negeri 46 Kendari, terletak pada jalan jati Mekar, Kota Kendari. Penelitian dimulai saat semester pertama tahun akademik 2023/2024. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah jenis penelitian ini. Subjek penelitian adalah 19 siswa, 12 laki-laki dan 7 perempuan. Tujuan lainnya merupakan kegiatan meningkatkan pemahaman siswa untuk membaca dasar. Bahasa Indonesia melalui penggunaan kartu kata bergambar. Tes, lembar observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Dapat dilihat pada akhir kegiatan menampilkan ternyata implementasi alat kartu kata disertai gambar bergambar terhadap belajar membaca diawal kelas II SD meningkatkan pencapaian ketuntasan. Penggunaan media ini pada siklus I meningkatkan pencapaian ketuntasan sebesar 58% dan siklus II sebesar 84%.
Downloads
References
Agustina, N., dan Pada, A. (2023). Pengembangan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Kartu Kata Bergambar.3(5), 74–92.
Aini, R. N. (2020). Implementasi Kemampuan Bahasa Siswa Di Mi Darussalam 01 Pucangan Kartasura Sukoharjo. JENIUS (Journal Of Education Policy And Elementary Education Issues), Vol. 1, No. 1 Hlm. 34–42. Sumber Informasi: Https://Doi.Org/10.22515/Jenius.V1i1.3032
Amini, N., dan Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Membantu Anak Usia Dini Meningkatkan Kemampuan Kosakata Mereka. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. Sumber Informasi https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702
Anggy Giri Prawiyogi, Sri Wulan Anggraeni, Lusiana Rahmatiani, Dan Laras Nanda Milftaloka. (2023). Metode Sorting Kartu Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 28(1), 131–137. Sumber Informasi: Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V28i1.57273
Efendi, S. E. (2022). Pengunaan Permainan Kartu Bergambar Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I I SDN Cidokom 02. Jurnal PRAXIS: Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 2, hlm 137–143. Diakses dari: https://doi.org/10.47776/praxis.v1i2.583
Gading, I. K., Magta, M., dan Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Ency Clopedia Of Since, 24(3), 270. Sumber Referensi: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417
Hakim, P. R. (2020). UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN KARTU KATA BERGAMBAR. 1(1), 51–61.
Kadir, D. Tahun 2020 Pengunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa kelas 1 SDN 05 Wanggarasi Tahun 2014/2015. Jurnal Pendidikan Nonformal, Aksara, 5(2), 93. Sumber Informasi: https://doi.org/10.37905/aksara.5.2.93-102.2019
Mustatiroh. (2016). Siswa Kelas I SD Negeri Gembongan Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(10), 940-945.
Rahman, B., dan Haryanto, H. (2014). Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Sumber informasi : https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650.
Rahmawati, A., Haq, A. K., dan Apipah, F. (2023). Analisis Masalah membaca permulaan Siswa dikelas dua sekolah dasar. Karimah Tauhid, Volume.2, No. 5, hlm. 1419–1429.
Rika Widhi Rahayu, F., dan Dwi Wardhani, J. (2023). Menggunakan Kartu Suku Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Sudah meninggal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 688–698. Diakses dari: https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.375
Rumantir, S. M., R, M., & Miranda, D. (2019). Langkah guru mendidik awal membaca untuk anak usia 5-6 tahun di tk. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1), 1–8.
Sartika, Handini, dan Hartati (2017). Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok B TK Sehati Kecamatan Kalideres Jakarta Barat, 2016-2017. Jurnal Visipena, 8(1), 2016–17.
Sayekti, O. M. pada tahun 2020 Siswa Kelas 2 SDN Pandeyan Yogyakarta mengalami peningkatan motivasi untuk membaca permulaan dengan menggunakan metode scramble kalimat. Dalam Foundation, 11(2), 82–89. http://www.foundasia.v11i2.36160.
SISWOYO, AA, SA, FA, NA, dan FITROTIN, D. (2022). Pekerjaan untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Melalui Penggunaan Kartu Kata dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, Vol. 2(3), 168–176. Sumber informasi: https://doi.org/10.51878/elementary.v2i3.1382
Sunanih, S. (2017). Bagian dari Pengembangan Bahasa: Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah NATURALISTIC: Journal of Research on Education and Learning, 2(1), 38–46. Sumber informasi: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.89