ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS III
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipsd.v6i1.52Keywords:
motivasi belajar, hasil belajarAbstract
Siswa yang tidak terlihat antusias dalam menerima pelajaran, cepat merasa bosan, cepat putus asa dalam mengerjakan tugas, tidak antusia mengikuti pembelajaran, jarang sekali aktif dalam kegiatan belajar, dan tidak mempunyai kemauan dan tidak memperhatikan pembelajaran PPKn. Jenis penelitian yang diggunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan diokumentasi. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, wali kelas III, dan seluruh siswa kelas III SD Negeri 46 Kendari. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh (1) Faktor instrinsik yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa yaitu adanya keinginan untuk belajar, dorongan dan kebutuhan untuk belajar, serta ada harapan dan cita-cita. Sedangkan faktor ekstrinsik yaitu adanya penghargaan dan kegiatan pembelajaran yang menarik. (2) Faktor internal yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa adalah faktor psikologis meliputi minat, bakat, dan motivasi siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi metode mengajar, metode belajar, alat pelajaran, dan hubungan siswa dengan siswa.
Downloads
References
Aisyah, Jaenudin, R., & Koryati, D. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.36706/jp.v4i1.5572
Ali, S., Moonti, U., & Yantu, I. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango 1. Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1553–1560. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1553-1560.2022
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Nofliadaputri, R. Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Global Eksekutif Teknologi.
Lisnawati, A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa SD. 6(1), 652–656.
Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Ppkn).KENCANA.https://www.google.co.id/books/edition/Pembelajaran_Pendidikan_Pancasila_dan_Ke/8A7uDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kelemahan+dan+kelebihan+model+pembelajaran+mind+mapping&pg=PA125
Mulyoto, G. P., Miftahusyai’an, M., & Hanifah, N. H. (2020). Konsep Dasar dan Pengembangan Pembelajaran PPKn untuk MI_SD. Publica Institute Jakarta.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52
Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 289–302.
Rozaini, N., & Anti, S. D. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa terhadap Prestasi Belajar. NIAGAWAN, 6(2), 54–59. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/niaga.v6i2.8335
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal. (2018). Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168
Sidiq, U., & Choir, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualiszstatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.pdf
Suprihatin, S. (2015). Upaya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 73–82.
Sutianah, C. (2021). Belajar Dan Pembelajaran. CV. Penerbit Qiara Media.
Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan (Junwinanto (ed.)). PT Bumi Aksar