PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PhET SIMULATION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Nurul Hikma Universitas Halu Oleo
  • La Ili Universitas Halu Oleo
  • Amiruddin B. Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i1.5

Keywords:

media PheT simulation, hasil belajar matematika siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Media PhET Simulation dalam pembelajaran Matematika terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain One Group Pre-test dan Pos-test Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVB. menggunakan teknik pursosive sampling, dengan jumlah sampel 30 orang siswa 16 laki-laki 14 perempuan. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur hasil belajar Matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu: uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Nilai rata-rata Pre-test kelas IVB sebesar 52,8857 sedangkan nilai rata-rata Pos-test sebesar 89,8857 dengan selisih sebesar 37,00. 2) Berdasarkan hasil analisis Uji Mann Whitney pada Test Statistics diperoleh nilai sig. (2-tailed) nilai sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media PhET Simulation terhadap hasil belajar Matematika siswa Di Kelas IVB SD Negeri 85 Kendari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdjul, T., & Ntobuo, E. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis Phet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 7(3), 26–31. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/14383

Hariyanto, A. (2017). Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Paket Program Simulasi Phet Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 365–378. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i3.321

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846.

Ekawati, Y., Haris, A., & Amin, B. D. (2015). Penerapan Media Simulasi Menggunakan PHET (Physics Education And Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung. Pendidikan Fisika, 3(1), 74–82. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jpf.v3i1.

Mustiksari, I., Kusumawati, N., & Widyaningrum, H. K. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran ScientificBerbantukan Simulasi Phet terhadap HasilBelajar Tematik Kelas IV. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10), 3430–3436. https://doi.org/https://doi.org/10.56799/jim.v2i4.

Martanti, N., Malika, E. R., & Setyaningsih, A. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Virtual Menggunakan PhET Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Konstelasi: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 83–92. https://doi.org/https://doi.org/10.24002/konstelasi.v1i1.4315.

Rochmah, N. H., & Madlazim. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Yang Bersinergi Dengan Media Lab Virtual PhET ‎Pada Materi Sub Pokok Bahasan Fluida Bergerak Di MAN 2 Gresik‎. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 02(03), 162–166. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ipf.v2n3.p%25p.

Purwanto, A. E., Hendri, M., & Susanti, N. (2016). Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Phet Simulations Dengan Alat Peraga Pada Pokok Bahasan Listrik Magnet Di Kelas Ix Smpn 12 Kabupaten Tebo. Jurnal EduFisika, 01(01), 22–27. https://doi.org/10.22437/edufisika.v1i1.2954.

Rohman & Sofan. 2013. Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Suciati, I. (2020). Penggunaan Metode “Perang Mental Matematika” Dengan Menggunakan Media Kartu Pecahan Pada Materi Penjumlahan Bilangan Pecahan. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i1.44.

Sudjana, Nana (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2016). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Jurnal Bina Gogik, 3(1), 35–42. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/26.

Teni Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(01), 171–187. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Nurul Hikma, La Ili, & Amiruddin B. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PhET SIMULATION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 19–28. https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i1.5
Bookmark and Share