PENGARUH MEDIA TTS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SDN KESTALAN SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipsd.v6i1.23Keywords:
media teka-teki silang (TTS), kemampuan berpikir kritis, pembelajaran IPASAbstract
Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas V SDN Kestalan Kota Surakarta dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam mata pelajaran IPAS pada peserta didik kelas V SDN Kestalan Surakarta melalui penerapan media pembelajaran teka-teki silang (TTS) tahun ajaran 2023/2024. Adapun penelitian ini dilaksanakan pada 25 peserta didik yang terdiri dari 15 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pre-Test Post-Test Design. Langkah penelitian dilaksanakan melalui adanya uji coba instrumen menggunakan uji validitas dengan perhitungan point biserial terhadap 30 soal pilihan ganda. Adapun hasil uji instrumen tersebut diperoleh 20 soal dengan kriteria valid dan 10 soal dengan kriteria tidak valid. Uji reliabilitas menunjukkan hasil sebesar 1,036 dan . Tingkat kesukaran pada soal yang diuji coba diperoleh hasil analisis 13 soal dengan kriteria sedang dan 17 soal dengan kriteria mudah. Uji analisis data melalui uji normalitas dihitung menggunakan rumus One-Sample Kolmogorov-Smirnov dan uji hipotesis dihitung menggunakan rumus Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan hasil nilai signifikasi <0,001 dengan probabilitas signifikasi yakni <0,05. Oleh karena itu, hasil yang diperoleh adalah sesuai dengan hipotesis yakni “Ada Pengaruh Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Mata Pelajaran IPAS Pada Peserta Didik Kelas V SDN Kestalan Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024”.
Downloads
References
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53
Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Handini, O. (2016). P1. Handini O. Pembelajaran Ips berbasis kemampuan berpikir sebagai alternatif inovasi pembelajaran interaktif. Widya Wacana. 2016;11(2):167-172. doi:https://doi.org/10.33061/ww.v11i2.1489embelajaran Ips berbasis kemampuan berpikir sebagai alternatif inov. Widya Wacana, 11(2), 167–172.
Handini, O., & Mustofa, M. (2020). The Implementation In The 21st Century Era in Learning Integrative Thematic For Teachers Of SD Monjosongo III Surakarta. Adiwidya, 1, 1–8.
Kemendikbud. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. Merdeka Mengajar.
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 1–37.
Lina Fauziyah, H. D. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI), 193-206.
Maslakhatunni’mah, D., Safitri, L. B., & Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP. Seminar Nasional Pendidikan Sains 2019, 179–185.
Mustofa, Sunyaruri Syahnas, and M. Husn. Abdullah. 2017. Penggunaan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Songgokerto 01 Batu.
Nuraini, A., Sujadi, A. A., & Istiqomah, I. (2018). Efektivitas Quantum Learning Dengan Teka-Teki Silang Terhadap Prestasi Belajar Matematika Smp N 2 Berbah. … Nasional Pendidikan …, 1082–1089.
Oktavia, S. H., & Has, Z. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Croosword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Smp Bukit Raya Pekanbaru. PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR Vol, 5(1), 85–95.
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.
Patrick Griffin, Barry McGaw. 2012. 1 Springer Assessment and Teaching of 21st Century Skills. ed. Patrick Griffin. Australia: Springer.
Rahmawati, H., Pujiastuti, P., & Cahyaningtyas, A. P. (2023). Kategorisasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Empat Sekolah Dasar di SD se-Gugus II Kapanewon Playen, Gunung Kidul. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 88–104. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3338
Rositawati, D. N. (2019). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), 3, 74.
Sadiman, A. S. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers
Setiawan, R. I., & Zuhdi, U. (2019). Pengaruh media teka-teki silang terhadap hasil belajar ips siswa kelas IV SDN Siwalankerto II Surabaya. Jpgsd, 7(1), 2539–2548.
Siti Nurjanah, & Sumarmi. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (Tts) Pada Pembelajaran Tematik Tema Cita-Citaku Kelas Iv Di Mi Al Busyro. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 31–42.
Suciono, W. (2021). Berpikir Kritis (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik Dan Efikasi Diri). Penerbit Adab.
Syifa, M., & Supriatna, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Crossword Puzzle (Teka Teki Silang) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VI di SDN Serang 7. Jurnal Perseda, V(1), 41–48.
Downloads
Published
Versions
- 2024-02-29 (2)
- 2024-02-29 (1)