MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KARAKTERISTIK RUANG DENGAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)

Authors

  • Wa Ode Awalia Deswita Universitas Halu Oleo
  • Muhamad Abas Universitas Halu Oleo
  • I Ketut Suardika Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i2.12

Keywords:

pendekatan pembelajaran, CTL, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan proyek penelitian tindakan kelas yang melibatkan 20 siswa SDN 1 Lasiwa dan dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022–2023.Survei dilakukan dalam dua putaran,dengan dua pertemuan disetiap siklus.Guru dan seluruh siswa kelas IV SDN 1 Lasiwa menjadi subjek penelitian.Hasil belajar siswa,aktivitas mengajar guru,dan aktivitas belajar siswa menjadi pertimbangan.Langkah-langkahdalam metode penelitian ini adalah:(1)perencanaan;(2)eksekusi;(3)observasi dan penilaian;(4)refleksi.Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data kuantitatif hasil belajar siswa dan data kualitatif dari lembar observasi.Hasilnya ada 7 siswa atau 35% dari total populasi siswa mencapai ketuntasan belajar pada siklus pertama,sedangkan 13 siswa atau 65% dari populasi siswa gagal.rerata hasil belajar siklus I adalah 54,67.Pada siklus II,18 siswa dengan persentase 90% memiliki hasil belajar dari penilaian individu yang mencapai KKM.Sementara itu,2siswa masih kurang mencapai KKM dengan persentase 10%.Pada siklus I rerata hasil belajar siswa adalah 85,49. Penerapan Pendekatan CTL pada materi Karakteristik Ruang Dengan Sumber Daya Alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI di SDN 1 Lasiwa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, P., Arif Firmansyah, & Zulnuraini. (2014). Meningkatkan hasil belajar ips siswa kelas iv melalui pembelajaran kontekstual pada sd inpres pelawa. Elementary School of Education E-Journal 8, 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ESE

Almayani, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV SD Negeri 13 Katobu. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 1, 3. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jipsd

Amir, Mohammad Faizal. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Peningkatan Kualitas Peserta Didik Melalui implementasi Pembelajaran Abad 21, 34-42. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/article/view/732

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gunawan, A. (2013). Penerapan Model CTL (Contextual teaching and learning) menggunakan CD interaktif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Plumbon 02 Kabupaten Semarang. In Digital Repository (Vol. 1, Issue 2). http://digilib.unimed.ac.id/5508/

Hasibuan, I. M. (2014). Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning). Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains. 2(1), 1–12.

Jamalia, J. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Media Permainan Ular Tangga pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 104/IX Kedemangan Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal PGSD, 11(2), 100–105. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.100-105

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penelitian Kebijakan. (2015). Panduan Pelaksanaan Program Penelitian Tindakan Kelas Tingkat Satuan Pendidikan Tahun 2016.

Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama.

Rando, P. (2021). Analisis Perangkat Pembelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume;2 Learning Activities; Nomor 59, 209–216.

Saputra, I. W. A., Wiyasa, I. K. N., Kes, M., & Ardana, I. K. (2013). Model pembelajaran learning cycle berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V gugus I Kecamatan Dawan. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary

Septian, D., Farid, I. F., Syaifuddin, S., & Hastuti, S. (2021). Respon dan Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Sifat Benda Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 4(1), 32–38.

Suhirnan, I. K. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep IPS Siswa Kelas v SD Negeri 62 Buton. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 130. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jipsd

Sukasih (2015). Evaluasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Semarang: Prima Media Press

Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprihatiningrum J. (2017) Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suriani & Mardhatillah. (2019). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Vi Sd.

Widiastuti A. (2019). Konsep Dasar Dan Manajemen Laboratorium IPS. Yogyakarta: UNY Press.

Zulaiha, S. (2016). Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Implementasinya Dalam Rencana Pembelajaran PAI MI. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam. 1(1), 41-60.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Deswita, W. O. A., Muhamad Abas, & Suardika, I. K. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KARAKTERISTIK RUANG DENGAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) . Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 79–89. https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i2.12
Bookmark and Share