PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i2.13Keywords:
quantum teaching, keterampilan menulis, teks prosedurAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis siswa pada materi teks prosedur Kelas IV SD Negeri 16 Kendari melalui penerapan model Quantum Teaching. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 16 Kendari, dengan siswa laki-laki 10 orang dan siswa perempuan 11 orang. Analisis data hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada tindakan siklus I keterampilan menulis teks prosedur siswa mencapai ketuntasan klasikal sebanyak 38,10% dengan nilai rata-rata 61,01. Sedangkan pada siklus II keterampilan menulis teks prosedur siswa mencapai ketuntasan klasikal sebanyak 80,95% dengan nilai rata-rata 77,97. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat menigkatkan keterampilan menulis teks prosedur Kelas IV SD Negeri 16 Kendari.
Downloads
References
Abdillah, L. A. (2021). Pengertian Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas: Teori Dan Penerapannya, 1–12.
Chamalah, E., Pd, S., Pd, M., Wardani, O. P., Pd, S., Pd, M., & Press, U. (2013). Model dan metode pembelajaran.
Daryanto. (2018). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Gava Media.
Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11. http://dx.doi.org/10.30595/jkp.v9i2.1062
Dr. Hj. Helmiati, M. A. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Handriani, Y., Nur, D., & Maryam, S. (2020). Penggunaan Model “Picture and Picture” dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(2), 137. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i2.952
Hanum, Izazi tamimi, D. I. (2019). Analisis penerapan model quantum teaching pada materi teks laporan hasil observasi kelas x sma negeri 1 pangkalan susu tahun pelajaran 2018 / 2019. 52–61. https://doi.org/10.24114/kjb.v8i3.14723
Ihsan, M., Sidiq, A., Yudistira, M. F., & Sobari, T. (2019). Penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran menulis teks prosedur. 2, 579–590. http://dx.doi.org/10.22460/p.v2i4p%25p.3007
Lozanov, G., Jansen, E., Hernacki, M., Reardon, M., & Nouric, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melalui Penerapan Metode Quantum ( Tandur ) pada Siswa Kelas X SMA Yayasan Purwa Bhakti Ciawi Bogor Learning adalah Bobbi DePorter . Dia SuperCamp . Dengan dibantu oleh teman- ratusan guru di SupeCamp . Prins. 1–12. http://dx.doi.org/10.55215/triangulasi.v1i1.3223
Mardiyah. (2016). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraf. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–22. https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1188
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., & Hernawan, A. H. (2022). Jurnal basicedu. 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Setiabudi, J., & Jakarta, N. (2017). Pembelajaran menulis di sekolah dasar Gusti Yarmi PGSD Universitas Negeri Jakarta. 31(1), 1–6. https://doi.org/10.21009/PIP.311.1
Siddik, M. (2016). Dasar-Dasar Menulis Dengan Penerapaanya.
Simatupang, Y. J. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Model Pembelajaran Pair Check. Jurnal Metamorfosa, 8(2), 191–206. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i2.1139
Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen penelitian (T. Fiktorius (ed.)). mahameru press. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.22270
Yahya, H. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar biologi siswa sms islam terpadu al fityan gowa. 5, 155–166. https://doi.org/10.24252/jb.v5i1.3455