PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i2.14Keywords:
model pembelajaran, problem based learning, hasil belajarAbstract
Tujuan penelitiannya demi mengetahui ada tidaknya pengaruh model PBL terhadap hasil belajar IPS. Penelitiannya di SDN 7 Ranomeeto pada tanggal 17 – 23 Februari 2023. Jenis penelitian ini pre eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitiannya siswa kelas V SDN 7 dimana sampel diambil melalui total sampling (sampel 20 siswa). Hasilnya, rata-rata hasil belajar IPS siswa pretest (42,75) dan posttest (73,75) serta hasil Uji Mann Whitney Test Statistics nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga, H0 ditolak lalu H1 diterima, artinya ada pengaruh model PBL terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 7 Ranomeeto.
Downloads
References
Agustin et al. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 158–165.
Hasibuan, I. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas VII Smp Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, 4(1), 5–11.
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. 8(3), 109–122.
Kharida, L. A., Rusilowati, A., & Pratiknyo, K. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas Bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 83–89.
Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 10–22. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14–23. https://www.jurnal.stitnu-sadhar.ac.id/index/index.php/JS/article/view/17
Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.244
Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4), 369–379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220
Pebriyani, E. P., & Pahlevi, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP Di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 47–55. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p47-55
Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416
Suminar, S. O., & Meilani, R. I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3339