PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PhET SIMULATION DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i2.15Keywords:
media PheT simulation, hasil belajar siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh penggunaan Media PhET Simulation pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VI SDN 1 Wawolesea Kabupaten Konawe Utara. Jenis penelitian ini, yaitu pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini, yaitu Pre-Experimental Design model One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian siswa kelas VI SD Negeri 1 Wawolesea Kabupaten Konawe Utara tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 23 orang siswa. Penentuan sampel melalui sampling jenuh atau sensus maka smapel berjumlah 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui Tes. Hasil penelitian terdapat pengaruh penggunaan media PhET simulation dalam pembelajaran IPA terhadap hasil tes belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Wawolesea dengan hasil analisis One-Sample Test dengan nilai sig ₌ 0,000 ˂ 0,05
Downloads
References
Anggari St Anggi, A. (2018). Tokoh dan Penemuan Tema 3 : buku guru / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Arifin, M. M., Prastowo, S. B., & Harijanto, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Simulasi Phet dalam Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(1), 16. https://doi.org/10.19184/jpf.v11i1.30612
Fitriyati, I., & Prastowo, A. (2022). Pembelajaran Daring Menggunakan PhET Simulations untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1041. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1120
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Istidah, A., Suherman, U., & Holik, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tentang Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 42–57. http://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/view/187%0Ahttps:// jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/download/187/98
Lorenza, Y., Sasmita, P. R., & Amalia, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantukan Alat Peraga Sederhana terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(2), 87–93. https://doi.org/10.31540/sjpif.v1i2.761
Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira Pratama, M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD.©2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https:// doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Putranta, H. (2018). Model Pembelajaran Kelompok Sistem Perilaku. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Sylviani, S. (2020). PHET Simulation sebagai Alat Bantu Siswa Sekolah Dasar dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Matematika. 2(1), 1–10.
Wicaksono, I., Indrawati, I., & Supeno, S. (2020). PhET (Physics Eeducation Technology) Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. FKIP E-PROCEEDING, 5(1), 1–5. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/ article/ view/21623