PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IPA TENTANG PANAS DAN PERPINDAHANNYA

Authors

  • Azril Ikhsan Andriyaman Universitas Halu Oleo
  • Amiruddin B. Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Yasin Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i2.16

Keywords:

problem based learning, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana cara kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN I Mandati II yang mempelajari kalor dan transfernya dalam IPA meningkat. Penelitian tindakan kelas atau dikenal juga dengan PTK terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Fokus penelitian 16 siswa kelas V SDN I Mandati II beserta guru-gurunya. Hasil penelitian menunjukkan, (1) pendidik menampilkan latihan siklus I terlaksana 73%, siklus II terlaksana 100%, (2) latihan pembelajaran siswa siklus I terlaksana 73,33%, siklus II terlaksana 100%. (3) Konsekuensi tes kemampuan penalaran menentukan siswa secara tradisional pada siklus I bertambah menjadi 66,64% pada klasifikasi sedang dan meningkat menjadi 83,74% pada klasifikasi tinggi pada siklus II. Hasilnya, penggunaan model PBL membantu pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa pembelajaran IPA kelas V SDN I Mandati II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Banawi, Asmin. 2019. “Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Sintaks Discovery/Inquiry Learning, Based Learning, Project Based Learning.” Jurnal Biology Science & Education 8(1):90–100. doi: org/10.33477/bs.v8i1.850.

Dores, Olenggius Jiran, Dwi Cahyadi Wibowo, and Susi Susanti. 2020. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika.” J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika 2(2):242–54. doi: 10.31932/j-pimat.v2i2.889.

Erfan, Muhammad, Mohammad Archi Maulyda, Ida Ermiana, Vivi Rachmatul, and Tursina Ratu. 2020. “Analisis Rencana Pembelajaran IPA Calon Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Sains & Matematika 8(1):13–21. doi: http://hdl.handle.net/11617/9574.

Fajar Edi Mulyono, Sri Hartini, Santo Mugi Prayitno. 2021. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learningpada Pembelajaran IPA Kelas IV.” Prosiding Seminar Nasional “Bimbingan dan Konseling Islami” 2019:425–49. doi: http://seminar.uad.ac.id/index.php/PSNBK/article/view/7824.

Haryanti, Yuyun Dwi. 2017. “Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 3(2). doi: 10.31949/jcp.v3i2.596.

Hasyda, Suryadin, and Arifin Arifin. 2020. “Penerapan Model Problem Based Learninguntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IVdi Sekolah Dasar.” Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dasar 5(1):62–69. doi: 10.24903/pm.v5i1.461.

Hatijah, Sitti. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 72 Kendari Application of Problem Based Learning Model in Improving Students ’ Critical Thinking.” Amanah: Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran 2:224–33. doi: https://jurnal.pgrisultra.or.id/ojs/index.php/ja/article/view/83.

Lidinillah, Dindin Abdul Muiz. 2020. “Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning).” Jurnal Pendidikan Inovatif 5(1):1–7. doi: 10.17605/OSF.IO/GD8EA.

Maesari, Citra, Rusdial Marta, and Yusnira. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learninguntuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 1(2):12–22. doi: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/3354.

Meilasari, Selvi, Damris M. Damris M, and Upik Yelianti. 2020. “Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah.” BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains 3(2):195–207. doi: 10.31539/bioedusains.v3i2.1849.

Ngatiyem. 2021. “Penerapan Pembelajaran Problem Based Learninguntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah 1(2):149–57. doi: 10.51878/action.v1i2.637.

Rositawati, Dwi Nugraheni. 2019. “Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri.” Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 3:74. doi: 10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28514.

Septiana, Tri Siwi, and M. Ragil Kurniawan. 2018. “Penerapan Model Problem Based Learninguntuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran Pkn di Sd Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/ 2017.” Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) 1(1):94. doi: 10.12928/fundadikdas.v1i1.74.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Andriyaman, A. I., Amiruddin B., & Muhammad Yasin. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IPA TENTANG PANAS DAN PERPINDAHANNYA. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 115–123. https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i2.16
Bookmark and Share