PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i2.17Keywords:
contextual teaching and learning, hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa kelas IV SDN 1 Simbalai dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi keliling dan luas bangun datar. Penelitian Tindakan Kelas adalah jenis penelitian yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Siswa kelas IV SDN 1 Simbalai terdiri dari sepuluh siswa laki-laki dan sepuluh siswa perempuan menjadi subjek penelitian. Analisis data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I 10 orang siswa tuntas atau 50%, dan 10 orang siswa tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II tingkat puncak belajar siswa adalah 18 orang tuntas atau 90% sedangkan 2 orang atau 10% tidak tuntas dengan rata-rata nilai siswa 87,25. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa pemanfaatan model Contextual Teaching and Learning dapat lebih meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV SDN 1 Simbalai.
Downloads
References
Adha, M. A., Gordisona, S., Ulfatin, N., & Supriyanto, A. (2019). Analisis Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 145. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1102
Asmoro, B. P., & Mukti, F. D. (2019). Peningkatan Rasa Ingin Tahu Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Contextual Teaching and Learningpada Siswa Kelas Va Sekolah Dasar Negeri Karangroto 02. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 115–142.
https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.28
Harahap, T. D., Husein, R., & Suroyo, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Berpikir Kritis. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 972–978. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.462
Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik, 5(2), 13–23.
Lestari, N. A. P. (2019). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 72. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.12845
Muflihah, S., & Lepith, A. (2019). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 1(1), 35–45. https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i1.317
Nastiti, S. (2018). Pembelajaran Model Contextual Teaching Learninguntuk Meningkatkan Hasil Belajar Jenis-Jenis Bangun Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan, 4(3), 63–70. https://www.rumahjurnal.net/index.php/ptp/article/view/510%0Ahttps://www.rumahjurnal.net/index.php/ptp/article/download/510/252
Sabang, S. D. N. S., Sabang, J., & Bandung, K. (2019). Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv. 02(06), 240–244.
Saputri, R., Nurlela, N., & Patras, Y. E. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 38–41.
https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2013
Sari, P. M. N., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Efektivitas Hasil Belajar Matematika Melalui Model CTL Berbasis Masalah Terbuka Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 248–256.
Sumantri, B. A. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 27.
https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1614
Yusuf, W. F. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 263–278. https://s.id/10hkf