PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Nurmaya Sari Lapassi Universitas Halu Oleo
  • Nana Sumarna Universitas Halu Oleo
  • Yoo Eka Yana Kansil Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i2.17

Keywords:

contextual teaching and learning, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa kelas IV SDN 1 Simbalai dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi keliling dan luas bangun datar. Penelitian Tindakan Kelas adalah jenis penelitian yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Siswa kelas IV SDN 1 Simbalai terdiri dari sepuluh siswa laki-laki dan sepuluh siswa perempuan menjadi subjek penelitian. Analisis data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I 10 orang siswa tuntas atau 50%, dan 10 orang siswa tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II tingkat puncak belajar siswa adalah 18 orang tuntas atau 90% sedangkan 2 orang atau 10% tidak tuntas dengan rata-rata nilai siswa 87,25. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa pemanfaatan model Contextual Teaching and Learning dapat lebih meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV SDN 1 Simbalai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, M. A., Gordisona, S., Ulfatin, N., & Supriyanto, A. (2019). Analisis Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 145. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1102

Asmoro, B. P., & Mukti, F. D. (2019). Peningkatan Rasa Ingin Tahu Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Contextual Teaching and Learningpada Siswa Kelas Va Sekolah Dasar Negeri Karangroto 02. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 115–142.

https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.28

Harahap, T. D., Husein, R., & Suroyo, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Berpikir Kritis. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 972–978. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.462

Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik, 5(2), 13–23.

Lestari, N. A. P. (2019). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 72. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.12845

Muflihah, S., & Lepith, A. (2019). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 1(1), 35–45. https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i1.317

Nastiti, S. (2018). Pembelajaran Model Contextual Teaching Learninguntuk Meningkatkan Hasil Belajar Jenis-Jenis Bangun Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan, 4(3), 63–70. https://www.rumahjurnal.net/index.php/ptp/article/view/510%0Ahttps://www.rumahjurnal.net/index.php/ptp/article/download/510/252

Sabang, S. D. N. S., Sabang, J., & Bandung, K. (2019). Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv. 02(06), 240–244.

Saputri, R., Nurlela, N., & Patras, Y. E. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 38–41.

https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2013

Sari, P. M. N., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Efektivitas Hasil Belajar Matematika Melalui Model CTL Berbasis Masalah Terbuka Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 248–256.

Sumantri, B. A. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 27.

https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1614

Yusuf, W. F. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 263–278. https://s.id/10hkf

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Lapassi, N. S., Sumarna, N., & Kansil, Y. E. Y. (2023). PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 124–134. https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i2.17
Bookmark and Share