PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Dewi Yonarsi Universitas Halu Oleo
  • La Ode Kaimuddin Universitas Halu Oleo
  • Mustika Kurniasari Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i2.18

Keywords:

model problem based learning, hasil belajar

Abstract

penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui adanya variasi hasil belajar matematika antara penggunaan paradigma problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 57 Kendari dengan subjek penelitian adalah 21 murid yang ada di kelas IV; 8 laki-laki serta 13 perempuan. Penelitian dengan jenis eksperimen dengan desain One Group Prettest-Posttest Design ini memeroleh data dari 1) Sebelum menerapkan model problem based learning, hasil tes deskriptif siswa rata-rata 53,96 setelahnya didapatkan hasil rerata 86,00. Angka rerata didapatkan siswa pada kedua test mengidentifikasi bagaimana paradigma problem based learning mampu memberikan peningkatan pada hasil dari belajar mereka. 2) hasil  uji statistik Paired Sample T-tes diatas diketahui bahwa nilai Sig.(2-tailed) ialah 0,000 atau Sig.(2-tailed) < 0,05 jadi menghasilkan hipotesis yaitu H0 ditolak serta H1 diterima. Jadi, dapat dikatakan bahwa ada dampak yang signifikan pada model pembelajaran  problem based learning pada hasil dari belajar mereka dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 57 Kendari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Destialningsih, E., & Ismet, I. (2016). Pengalruh Model Problem Balsed Lealrning Terhaldalp Kemalmpualn Pemecalhaln Malsallalh Siswal Paldal Pembelaljalraln Fisikal Kelals Xi Di Smal Negeri 1 Talnjung Lubuk. Jurnall Inovalsi daln Pembelaljalraln Fisikal, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jipf.v3i1.3423

Faluzial, H. Al. (2018). Peneralpaln Model Pembelaljalraln Problem Balsed Lealrning Untuk Meningkaltkaln Halsil Belaljalr Maltemaltikal SD. Primalry: Jurnall Pendidikaln Guru Sekolalh Dalsalr, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338

Halsalnalh, U., Salrjono, S., & Halriyaldi, Al. (2021). Pengalruh Model Problem Balsed Lealrning Terhaldalp Prestalsi Belaljalr IPS SMP Talrunal Kedung Aldem. Alksalral: Jurnall Ilmu Pendidikaln Nonformall, 7(1), 43. https://doi.org/10.37905/alksalral.7.1.43-52.2021

Junialti, N. W., & Widialnal, I. W. (2017). Peneralpaln Model Pembelaljalraln Inkuiri Untuk Meningkaltkaln Halsil Belaljalr IPAl. Jurnall Ilmialh Sekolalh Dalsalr, 1(1), 20. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10126

Lestalri, Kalrunial Ekal, daln Mokhalmmald Ridwaln. 2015. Penelitialn Pendidikaln Maltemaltikal. Balndung: PT Refikal Alditalmal

Novialnti., Allwen, B., & Alhmald, Z. (2020). Pengalruh Model Problem Balsed Lealrning Terhaldalp Alktivitals Daln Halsil Belaljalr Siswal Paldal Pembelaljalraln Temaltik. Jurnall Balsicedu. 4 (1),194-202. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338

Sugiyono. 2013. Metode Penelitialn Kualntitaltif, Kuallitaltif, Daln R&D. Balndung: AlLFAlBETAl, CV.

Supalrdi. 2017. Staltistik Penelitialn Pendidikaln. Depok.: PT RAlJAlGRAlFINDO PERSAlDAl.

Simalnjuntalk, M. C., Purbal, N., & Simalrmaltal, R. K. (2022). Pengalruh Model Problem Balsed Lealrning Terhaldalp Halsil Belaljalr Siswal Temal 2 Sub Temal 3 Kelals V SDN 122347 Pemaltalngsialntalr. JPDK: Jurnall Pndidikaln daln Konseling, 4(6). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8296

Susalnto, Al. (2013). Teori Belaljalr daln Pembelaljalraln di Sekolalh Dalsalr. Kencalnal Prenaldal Medial Group.

Widialnsyalh, Al. (2018). Peralnaln Sumber Dalyal Pendidikaln sebalgali Falktor Penentu dallalm Malnaljemen Sistem Pendidikaln. Jurnall Calkralwall, 18(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jc.v18i2.4347

Yugialnti, Al., Purwalnto, S. E., & Ninalwalti, M. (2018). The Influence of Bralin Balsed Lealrning Model to Malthemalticall Crealtive Thinking Skills of Student. Jurnall Inovalsi Pendidikaln Dalsalr, 3(2), 53–58. https://doi.org/10.22236/jipd.v3i2.45

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Dewi Yonarsi, La Ode Kaimuddin, & Kurniasari, M. (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 135–141. https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i2.18
Bookmark and Share