PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 1 BOKORI

Authors

  • Daur Rahmat Universitas Halu Oleo
  • Barlian Universitas Halu Oleo
  • Sarnely Uge Universitas Halu Oleo

Keywords:

problem based learning, hasil belajar siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru melalui penerapan model Problem Based Learning pada tema 1 Indahnya Kebersamaan di kelas IV SD Negri 1 Bokori. 2) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning pada tema 1 Indahnya Kebersamaan di kelas IV SD Negri 1 Bokori. 3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 1 Indahnya Kebersamaan melalui penerapan model Problem Based Learning di kelas IV SD Negri 1 Bokori. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 1 Bokori, dengan siswa laki-laki 6 orang dan siswa perempuan 8 orang. Analisis data hasil belajar siswa diperoleh, pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 8 orang atau 57,14% dan persentase tidak tuntas sebesar 6 orang atau 42,86% dengan nilai rata-rata 68. Sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 12 orang atau 85,71% sedangkan persentase tidak tuntas sebesar 2 orang atau 14,29% dengan nilai rata-rata siswa 85, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Kelas IV SDN 1 Bokori.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurdin, S., dan Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Pramandaputri, N. Evi, W.Suniasih, dan M. Putra. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. e-Journal PGSD Universitas Ganesha, 4(1): 1-11. Https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7127

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pusat Belajar.

Radiah, dan La Ode Safiun Arihi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Based Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SDN 1 Kasumeeto. Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3): 116-122. Http://ojs.uho.ac.id/index.php/PGSD/article/view/14406

Shintya, Febrianty, Lisnawati Rusmin dan La Ode Safiun Arihi. (2020). Pengaruh Model Pembelajran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN 26 Kendari. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2): 42-50. Http://ojs.uho.ac.id/index.php/jipsd/article/view/13884

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Solihah, Mar’attus, dan Anggraeni Mashinta. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an, 6(1): 79-88. Https://journal.upyac.id/index.php/es/article/view/102

Sontani, U. T., dan Assegaff, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1): 38-48.

Https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3263

Wiyatma, Akbar Resi, Anselmus JE Toenlioe, dan Saidah Ulfa. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas IV. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 5(2): 57-62.

Http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/6899

Yuliana, Dewa Ayu Ari, I Ketut Ardana, DB. Kt. Ngr. Semara Putra. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Peningkatan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas Vb. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1): 1-12.

Https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7189

Zulyaningsih, Elita Varia, Heny Dewi Koeswanti, dan Sri Giarti. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas V Semester II SD Negeri Boto 02 Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal of Teaching in Elementary Education, 2(1): 47-58. Http://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/355

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Daur Rahmat, Barlian, & Uge, S. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 1 BOKORI. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 1–10. Retrieved from https://jipsd.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/26
Bookmark and Share