PENERAPAN MODEL KOPERATIF TEKNIK PAIRED STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WATOPUTE

Authors

  • Yusniawati Universitas Halu Oleo
  • La Rabani Universitas Halu Oleo
  • Mansyur M. Universitas Halu Oleo

Keywords:

teknik paired story telling, keterampilan bercerita

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas V SD Negeri 1 Watopute melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik paired story telling pada materi cerita fiksi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Watopute, jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Pelaksanaan tindakan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yaitu data hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes hasil belajar siswa dan data kualitatif yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil analisis keterampilan bercerita siswa pada siklus I terdapat 17 orang siswa yang telah mencapai nilai ≥ 75 dengan persentase ketuntasan sebesar 68% dan terdapat 8 orang siswa atau 32% yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 73,64. Siklus II terdapat 22 siswa telah mencapai nilai ≥ 75 dengan persentase ketuntasan sebesar 88% dan terdapat 3 orang siswa atau 12% yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata yaitu 83,84. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif teknik paired story telling meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas V SD Negeri 1 Watopute pada materi cerita fiksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahman & Rabani, L. 2018. Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 1 Batuganda. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 1, no.3, hh. 122-129.

http://ojs.uho.ac.id/index.php/PGSD/article/view/14372/9960

Akhyar, F. 2017. Keterampilan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Yogyakarta:Textium.

Api, L & Rabani, L. 2017. Metode bermain peran dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 1, no. 1. http://ojs.uho.ac.id/index.php/PGSD/article/view/5147/3839

Arikunto. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: pt. Bumi Aksara.

Huda Miftahul. 2016. Cooperative Learning. XI. edited by S. Z. Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lilis, A. Rabani, L. M, Mansyur. 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Narasai Melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Siswa Kelas VB SDN 4 Ranomeeto. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol. 2, no. 1, hh. 18-25.

http://ojs.uho.ac.id/index.php/jipsd/article/view/13694/9595

Mufid, A. M, Doyin. 2017. Peningkatan Keterampilan Menanggapi Cara Pembacaan Puisi Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan dengan Media Audiovisual pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 3 Ungaran. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 6, no 2, hh. 34-40.

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi

M, Yufrinalis. Veronika, F. 2019. Penggunaan Teknik Paired Story Telling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V SD Katolik HABI. Jurnal Serambi PTK. Vol. vi, no 1, hh. 1-10.

https://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ptk/article/download/1366/1104

Ngurah Ardiawan. 2020. Kupas Tuntas Penelitian Tindakan Kelas (Teori, Praktik, Dan Publikasinya). Bandung: Nilacakra.

Nurming, Saleh. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Paired Storytelling dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMAN 11 Makassar. Jurnal Seminar Nasional LP2M UNM. Vol. 2, no 1, hh. 65-69.

http://103.76.50.195/semnaslemlit/article/view/4015

Nourma, O. Novialita, A. 2019. Analisis Keterampilan Berbicara Berbasis Paired Story Telling (Bercerita Berpasangan) pada Tema Lingkungan KITA Siswa Kelas V SDN Talun 03 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA. Vol. 3, No. 1, hh. 408-417.

https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/download/15/12

Nurhaedah. Muslimin. Andini, K. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Paired Story Telling Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. Vol. 3, no. 3, hh. 196-203.

https://ojs.unmac.id/JIKAP/article/view/10216/5918

N, Oktaviarini. Angga, W. 2019. Analisis Keterampilan Berbicara Berbasis Paired Storytelling (Bercerita Berpasangan) pada Tema Lingkungan Kita Siswa Kelas V SDN Talun 03 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA. Vol. 3, No.1, hh. 408-417.

https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/15

Winda, E. Husniati. H, Setiawan. 2021. Pengaruh Metode Paired Story Telling terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar. Vol. 1, no. 2, hh. 50-56.

http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/download/74/80/

Yoga, H. Putu, P. Tanggu, R. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Paired StoryTelling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4, no. 1, hh. 1-10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/7641/5212

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Yusniawati, La Rabani, & Mansyur M. (2022). PENERAPAN MODEL KOPERATIF TEKNIK PAIRED STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WATOPUTE. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 11–21. Retrieved from https://jipsd.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/27
Bookmark and Share