PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKUKELAS IV SDN 1 BOLA

Authors

  • Sri Kurniati Universitas Halu Oleo
  • I Ketut Suardika Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Lidya Arisanti Universitas Halu Oleo

Keywords:

model discovery learning, hasil belajar

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aktivitas mengajar guru pada siklus I pertemuan 1 terlaksana sebesar 50% dan pada pertemuan 2 terlaksana sebesar 61,84%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 terlaksana sebesar 72.38% dan pada pertemuan 2 terlaksana sebesar 85.52%. 2) Aktivitas belajar siswa pada sikluas I pertemuan 1 terlaksana sebesar 42.30% dan pertemuan 2 terlaksana sebesar 56.57%. Sedangkan pada sikluas II pertemuan 1 terlaksana sebesar 82.89% dan pertemuan 2 terlaksana sebesar 90.78%. 3) Hasil belajar siswa pada sikluas I, 13 dari 20 siswa yang telah runtas secara klasikal yaitu 65% dengan nilai rata-rata 70.25. Sedangkan pada siklus II menunjukan bahwa 17 dari 20 siswa telah tuntas secara klasikal yaitu 85% dengan nilai rata-rata 83.125. Berdasarkan hal tersebut maka hasil belajar siswa telah mencapai indikator keberhasilan, sehingga dapat disimpulkan bahwa aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran discovery learning pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku subtema 2 dan 3 pada 3 dan 4 kelas IV SD Negeri 1 Bola Kabupaten Buton Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S. (2017). Penggunaan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question pada Siswa SD Negeri 007 Sungai Kubu Rokan Hilir. Serambi PTK, 4(2), 20–28. http://jurnal.serambimekkah.ac.id/serambi- ptk/article/download/583/534

Aulia, N., & Abas, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vb SDN. Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar,3(2),88. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v3i2.14394

Daryanto, (2018). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful, B. & Anwar, Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gasong, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran (3rd ed.). Depublish.

Jalaludin. (2019). Meningkatkann Hasil Belajar PKn Materi Kebebasan Berorganisasi dengan Metode Role Reversal Question pada Siswa Kelas SDN Sisik Timur. Jurnal Ilmiah Mandala Educatin. 5(1), 171. http://ejournal.mandalanursa.org/indx.php/JIME/index

Laia, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Deangan Topik Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia. Jurnal Education And Development, 8(1), 285-285. Diakses http://journal.ipst.ac.id/index.php/ED/articel/view/1548/725

Nichen, dkk., 2018, „Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, vol. 32. No.1, hh. 69-77. Rertrieved from https://doi.org/10.21009/PIP.321.8

Ninla Elmawati Falabiba. (2019). Pola Pembelajaran. 10–43.

Rohyati. (2021). Discovery Learning. 10(1), 35–47. https://doi.org/https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v3i2.14394

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (ke-2). Bumi Aksara.

Wa Ambo, W. A., Yasin, M., & La Ili, L. I. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Penerapan Metode Discovery Learning Di Kelas Iii Sd Negeri 2 Barangka. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.36709/jipsd.v1i1.5665

Yasin, M. (2017). Hubungan Antara Motivasi Menjadi Guru Profesional, Sikap Profesional Dengan Kemampuan Mengajar Guru Sekolah Dasar. Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar, 1(November), 28–36. http://ojs.uho.ac.id/index.php/PGSD/article/view/5140

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Sri Kurniati, I Ketut Suardika, & Arisanti, W. O. L. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKUKELAS IV SDN 1 BOLA. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 22–31. Retrieved from https://jipsd.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/28
Bookmark and Share