PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD

Authors

  • Sutriana Universitas Halu Oleo
  • Lisnawati Rusmin Universitas Halu Oleo
  • La Ode Safiun Arihi Universitas Halu Oleo
  • Mustika Kurniasari Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i1.3

Keywords:

pendekatan, PAIKEM, hasil belajar, PKn

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 80 Kali Baru melalui penerapan pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 80 Kali Baru yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk mengolah data tes hasil belajar, sedangkan analisis kualitatif digunakan saat analisis data hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar PKn pada siklus I terdapat 10 siswa telah mencapai nilai ≥ 70 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 76,92% dan terdapat 3 siswa tidak tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 23,08%, dan nilai rata-rata diperoleh siswa adalah 79,85. Siklus II terdapat 12 siswa telah mencapai nilai ≥ 70 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 92,31% dan terdapat 1 siswa tidak tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 7,69%, dan nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus II adalah 87,69. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan (PAIKEM) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 80 Kali Baru Kab. Bombana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armini, N. W. Y., dkk. 2014. “Pendekatan PAIKEM Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro, Denpasar Barat Tahun Ajaran 2013/2014.” E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2. 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1883

Aswan. 2016. Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM Edisi Revisi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Fatimah. 2018. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Dengan Menerapkan Model Reading Guide Berbasis PAIKEM Bagi Peserta Didik Kelas II Semester Satu Tahun Pelajaran 2018/2019 Di SD Negeri 47 Mataram.” Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4. 2. 163–71. http://dx.doi.org/10.36312/jime.v4i2.471

Gora, W. dan Sunarto. 2010. Pakematik Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Jauhar, M. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL (Contextual Teaching & Learning). Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Mariana dan Rafiuddin, L. O. R. 2019. "Penerapan Model PAIKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas III SDN 1 Lasusua." Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 3. 1. 34-42. 10.36709/jobpgsd.v3i1.14386

Migran. 2013. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan PAIKEM pada Pembelajaran PKn di Kelas V SD Alkhairaat Pebatae Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali.” Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1. 3. 84-95. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2718

Saeputri, A., dkk. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Dengan Pendekatan PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5. 1. 15–23. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i1.507

Sutrisno. 2016. “Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4. 1. 29–37. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/56

Usman, S. T., dkk. 2014. “Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Pakem Siswa Kelas V SDN 21 Ampana.” Kreatif Tadulako Online, 4. 4. 90–99. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3275

Utami, N., dkk. 2015. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS.” Jurnal Profit, 2. 1. 68-76. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5536/2975

Widayati, A. 2008. “Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, 6. 1. 87–93. 10.21831/jpai.v6i1.1793

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Sutriana, Rusmin, L., Arihi, L. O. S., & Mustika Kurniasari. (2023). PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i1.3
Bookmark and Share