PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS V SDN 13 LAKUDO
Keywords:
IPA, problem based learning, kemampuan berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 13 Lakudo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian berbentuk One Group Pretest-Posttest. Data kuantitatif diperoleh melalui hasil pretest-posttest yang disusun berdasarkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil dengan menggunakan uji t diperoleh nilai t hitung yaitu 11.959 dan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df (degree of freedom) atau derajat kebebasan = 17, t tabel = 2.110. Sehingga t hitung > t tabel atau (11.485>2.101) dan nilai sig. (2-tailed) = 0.000 < 0.05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. dapat disimpulkan bahwa dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SD Negeri 13 Lakudo.
Downloads
References
Ariani, R., F., (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajara,4(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/28165
Ejin, S. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p66-72
Imelda & Anzelina, D. (2019). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skills. Journal Of Mathematics Education and Science 5(1). https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/1929
Islam, F. M., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA dalam Tema 8 Kelas 4 SD. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(7), 613–628. http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/351
Mardapi, D. (2017). Pengukuran, Penilaian, Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.
Priyatno, D. (2018). SPSS: panduan mudah olah data bagi mahasiswa dan umum.Yogyakarta: ANDI
Purnaningsih, W., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem Based Learning ( PBL ) Kelas V SD. Jurnal Kajian Penelitan Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 367–375. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.406
Setyawan, M., & Koeswanti, H. D. (2021). Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha 9(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/41099
Rahman, A., Khaeruddin, & Ristiana, E. (2020). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Kelas V SDN 30 Sumpangbita. Jurnal Pendidikan, 4(1), 29-41. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/201
Rahmayanti, E. (2017). Penerapan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9787
Rianti, L., & Nulhakim, L. (2017). Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar3(1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/1329