PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVa DI SD NEGERI 03 PONGO

Authors

  • Wa Ode Riyan Ridayanti Universitas Halu Oleo
  • Muhamad Abas Universitas Halu Oleo
  • La Ode Safiun Arihi Universitas Halu Oleo

Keywords:

pembelajaran kooperatif, tipe STAD, hasil belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVa SD Negeri 03 Pongo dengan menggunakan model pembelajaran Koperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus tindakan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection).Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVa SD Negeri 03 Pongo, siswa laki-laki 13 orang dan siswa perempuan 8 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif melalui lembar observasi dan data kuantitatif melalui hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan data kualitatif dan data kunatitatif. Hasil analisis penelitian pada siklus 1 dengan rata-rata 69,14, yaitu dari 21 orang siswa yang tuntas sebanyak 15 orang dengan peresetase 71,42% dan yang belum tuntas sebanyak 6 orang dengan persentase 28,57% Sedangkan pada siklus II diperoleh peningkatan nilai rata-rata 75,71 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 orang dengan persentase 85,71% sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 3 orang dengan dengan persentase 14,28%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas IVa SD Negeri 03 Pongo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abas, M., Solihatin, E., & Nadiroh. (2019). “Effect Of Instructional Models And Interpersonal Intelligence On The Social Studies Learning Outcomes.”International Journal Of Instruction, 12(4), 705–718. https://eric.ed.gov/?id=EJ1230089

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asri, Ekha Nova, Said Darnius, dan Hajidin. 2018. “Hubungan antara Aktivitas Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa / Siswi Kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(3):23–28. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/8654

Fadhilaturrahmi. (2018).“Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan GI Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa Sekolah Dasar.”Jurnal Basicedu, 2 (1), 160-165. https://www.neliti.com/publications/278093/pengaruh-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-dan-gi-terhadap-peningkatan-kemampuan

Shintya, Febryanti, Lisnawati Rusmin, La Ode Safiun Arifin. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Tehadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas Iv Sdn 26 Kendari”. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2 (2), 42-50. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jipsd/article/view/13884

Jusmaniar, La Rabani, Mansyur M. (2020). “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Siswa Kelas V-B SDN 24 Kendari.” Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2 (1), 67-77. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jipsd/article/view/13711

Patollong, S & Pabunga, D.B. (2019). “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Energi dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas III SDN 1 Mosiku Kabupaten Kolaka Utara.”Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 1 (1), 19-23. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jipsd/article/view/5659

Priansa, D. J. (2019). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Puspitasari, D. (2015). “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Pendek Melalui Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Rabak Kabupaten Purbalingga.” Metafora, 2(1), 1–18. http://www.jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/288

Qur’ana, R. Mansyur M. La Rabani. (2020). “Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Pembelajaran Know Want-Learned (KWL) Siswa Kelas IV-B SD Negeri 24 Kendari.” Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2 (2), 1-9. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jipsd/article/view/13880

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Zahro, F., I Degeng, N.S. & Mudion, A. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8 (2), 196-205. https://core.ac.uk/download/pdf/229497162.pdf

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Wa Ode Riyan Ridayanti, Muhamad Abas, & Arihi, L. O. S. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVa DI SD NEGERI 03 PONGO. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 51–62. Retrieved from https://jipsd.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/31
Bookmark and Share