PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI ANDADOWI

Authors

  • Maharani Universitas Halu Oleo
  • Rimba Hamid Universitas Halu Oleo
  • Amiruddin B. Universitas Halu Oleo

Keywords:

model pembelajaran, discovery learning, kemampuan berpikir kreatif

Abstract

Penelitian ini menerapkan model disvovery learning dengan tujuan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem di kelas V SD Negeri Andadowi, Kecamatan Sampara Kabupaten Konawe. Menggunakan Jenis penelitian tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 sesi pembelajaran, subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri Andadowi dengan total siswa 19 orang terdiri dari 10 laki-laki dan 9 perempuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari: (a) perencanaan (b) pelaksanaan tindakan (c) observasi dan evaluasi (d) refleksi, jenis data adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) siklus I indikator kemampuan berpikir kreatif keaslian mencapai persentase 4,31%, Kelenturan mencapai 16,63%, kelancaran mencapai 11,05%, dan indikator penguraian mencapai persentase 6,10% (b) siklus II indikator kemampuan berpikir kreatif keaslian mencapai persentase 27,47%, kelenturan 18,10%, kelancaran mencapai 12,68% dan indikator penguraian mencapai persentase 12%. Dari hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya model discovery learning pada materi ekosistem di SD Negeri Andadowi, Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69–77. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/6666

Endang, Anse, L., & Suardika, I. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 5 Pasir Putih. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 38. https://doi.org/10.36709/jipsd.v2i1.13698

Juniarso, T. (2020). Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal), 4(1), 36–43. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/4197

Leksani, S. A., Syaodih, E., & Ilyas. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(1). http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/309

Nelvianti, Indra, W., Anas, R., Fitria, Y., & Desyandri. (2020). Penerapan Model Discovery Learning dalam PembelajaranIPA Tematik di Sekolah Dasar. SEJ (School Education Journal), 10(2), 168–173. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/18797

Nurpratiwi, rahma tisa, Sriwanto, S., & Sarjanti, E. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa melalui Metode Picture dan Picture dengan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bantarkawung. Geoedukasi, 4(2), 1–9. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/GeoEdukasi/article/view/524

Rahman, M. H., & Dkk. (2018). Model-Model Pembelajaran Anak Usia Dini (1st ed.). Ar-ruzz Media.

Sindi, Rusmin, L., & Hasan, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Disvovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SD Negeri 1 Laea. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 110–119. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jipsd%0APENERAPAN

Sinulingga, P., Hartanto, T. J., & Santoso, B. (2016). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 57–64. https://doi.org/10.21009/1.02109

Tazkiyah, V., Riswandi, & Sugiman. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Fakultas Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, 1–13. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/16553

Trisnawati, N. K., Anse, L., & Rafiuddin, L. O. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Untukmeningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Materi Pokok Koperasi Di Kelas IVb SDN 13 Poasia Kendari. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 42–48. https://doi.org/10.36709/jipsd.v1i2.11048

Widianto, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran IPS Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Dinamika Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Kelas VII Semeser Genap SMP Muhammadiyah 12 Gresik. The Indonesian Journal of Social Studies, 1(1), 32–43. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpips/article/view/1090

Downloads

Published

2022-02-28 — Updated on 2024-07-12

Versions

How to Cite

Maharani, Hamid, R., & Amiruddin B. (2024). PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI ANDADOWI. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1). Retrieved from https://jipsd.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/32-40 (Original work published February 28, 2022)
Bookmark and Share