IDENTIFIKASI DAN PEMETAAN MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM BUKU TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 KELAS IV SD TEMA 6 CITA-CITAKU
Keywords:
nilai-nilai karakter, buku tematik terpadu SD, kurikulum 2013Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identifikasi dan pemetaan muatan nilai-nilai karakter dalam buku tematik terpadu kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa nilai-nilai karakter yang cenderung dimunculkan dalam buku siswa kelas IV terlihat bahwa subtema 1 cenderung pada nilai karakter disiplin, tanggung jawab, toleransi dan jujur namun pada subtema 2 lebih cenderung pada nilai karakter disiplin, rasa ingin tahu, jujur, mandiri, dan tanggung jawab sedangkan pada subtema 3 cenderung pada nilai karakter disiplin, jujur, kreatif, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab. Nilai-nilai karakter ini muncul dalam buku siswa yang dekat dengan keseharian siswa. Karakter-karakter tersebut banyak muncul karena keberadaanya memang dekat dengan keseharian siswa, dan secara psikologis memang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia setara siswa kelas IV SD.
Downloads
References
Ruminiati, R., & Andajani, K. (2016). Analisis Kesesuaian Isi Buku Tematik Kelas Iv Sekolah Dasar Dengan Pendidikan Karakter, Dan Pendekatan Scientific. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(1), 27–36. https://doi.org/10.17977/um009v25i12016p027
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 202-224. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/219
Baginda, M. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(2), 1–12. https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.593
Firman. (2018). Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. https://osf.io/preprints/inarxiv/q84ys/
Ammar, E.K. Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Kebersamaan. Jurnal DIKDAS BANTARA P-ISSN, 2615, 4285. https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v3i2.882
Supartinah, M. (2012). Pemetaan Nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas Awal Sekolah Dasar. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/supartinah-mhum/artikel-pemetaan.pdf
Putranto, I., Rahayu, P. Y., & Eliyani, C. (2019). Pemetaan Penyelenggaraan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMA Kota Tangerang Selatan. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 3(2), 280-293. http://www.jurnalmandiri.com/index.php/mandiri/article/view/89
Ramdani, D. R., Khairunnisa, K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Guru Dan Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas V Semester 2 Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 207-217. http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/130
Syahbrudin, J. (2018). Multimedia Interaktif Berbasis Karakter sebagai upaya Peningkatan Nilai-Nilai Karakter dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 3(1), 7-13. https://doi.org/10.24114/cess.v3i1.8322
Surya, P., & Rofiq, M. H. (2021). Internalisasi Nilai Karakter Jujur Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 31-37. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/munaddhomah/article/view/65/53
Batubara, J. (2015). Pengembangan karakter jujur melalui pembiasaan. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3(1), 1-6. https://doi.org/10.29210/112000
Aqib, Z., & Amrullah, A. (2017). Pedoman pendidikan budaya dan karakter bangsa. Yogyakarta: Gava Media.