EFEKTIVITAS MEDIA AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD SMART SCHOOL SAO SAO KENDARI
Keywords:
media audiovisual, daring, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menentukan efektifitas pembelajaran daring berbasis media audiovisual efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa;2) Mentukan ada tidaknya pengaruh signifikan pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan media audiovisual efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kelas V SD Smart School Sao Sao Kendari. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan One-group pretest-postetst design. Subjek yang diteliti adalah seluruh siswa kelas Vb SD Smart School Sao Sao Kendari yang berjumlah 12 orang. Data penelitian dianalisis secara kualitatif maupun kuantitatif. Analisis kualitatif dimaksudkan untuk mengetahui sebaran nilai, sedangkan analisis kuantitatif menggunakan n-Gain dan uji-t dimaksudkan untuk mengetahui efektivitas media yang digunakan. Hasil belajar siswa kelas V SD Smart School Sao Sao Kendari pada materi bangun ruang dideskripsikan oleh hasil pre test maupun post-test dengan nilai minimum, maksimum serta rata-rata, berturut-turut 25; 60; 32,08 dan 35; 95 dan 60,00. Efektivitas media audiovisual ditunjukkan oleh rata-rata n-Gain = 0.40 (kategori sedang). Adapun hasil uji-t memperlihatkan nilai thit = 5.33 > ttab(df=11, α=0.05) = 2.20; yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara nilai pre-tes dan post-test.
Downloads
References
Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. RinekaCipta.
Asmoro, S. W. (2019). Teknik Pengolahan Audio dan Video SMK/MAK Kelas XII. Yogyakarta: Andi.
Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fatkhurrohman. (2018). Penerapan Media Audio Visual dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Bangun Datar di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasarsenen Ambal Kebumen Tahun 2018.
Febrianty Shintya, Lisnawati Rusmin, La Ode Safiun Arihi. 2020 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Tema 7 Indahnya Keberagaman D NegerikuKelas IV SDN 26 Kendari. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol 2. No. 2.
http://ojs.uho.ac.id/index.php/jipsd/article/view/13884
Hanid, M.A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaludin, M.M., dan Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
I Putu Mas Mahardika, Nyoman Dantes, Wayan Widiana. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Gugus V Kintamani Vol. 6. No. 1
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/13069
Jayanta, I. N. L., & Agustika, G. N. S. (2018). Buku Elektronik Audio Visual Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Riset Inovatif, 356–363.
Limbong, T., Napitupulu, E., dan Sriadhi. (2020). Multimedia: Editing Video dengan Corel VideoStudio X10. Medan:Yayasan Kita Menulis.
Rohyati. (2021). Model Active Learning Tipe Role Reversal QUESTION. 10(1), 35–47. https://doi.org/https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v3i2.14394
Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tngkatkan Minat Dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing
Syafaruddin, Supiono dan Burhanuddin. (2019). Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Deepublish.
Sutyono, I., Hamid, R., & Amiruddin. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Contrutivis Teaching Sequences (CTS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Di Kelas V MI AL FATH KENDARI. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3), 95–102.
https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v3i3.14403
Wantika, R. R., & Anggraini, R. T. (2019). Berpikir Kritis Siswa Pada Permasalahan Matematika Dengan Literasi Matematis. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 263. https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.563
Wijoyo, Hadian,. Dkk. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran di Masa Pandemi. Sumatra Barat: CV Insan Cendekia Mandiri
Yasin, M. (2017). Hubungan Antara Motivasi Menjadi Guru Profesional, Sikap Profesional Dengan Kemampuan Mengajar Guru Sekolah Dasar. Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar, 1(November), 28–36.