PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS PADA TEMA 9 SISWA KELAS V SD NEGERI 62 BUTON
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipsd.v4i2.35Keywords:
media interaktif, pemehaman konsep IPSAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Interaktif terhadap Pemahaman Konsep IPS pada Tema 9 Siswa Kelas 5 SD Negeri 62 Buton. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 5 yang berjumlah 21 orang siswa, yaitu 13 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu penentuan sampel disesuaikan dengan jumlah populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupa tes yaitu pretest (tes awal) dan posttest (tes akhir) setelah adanya perlakuan berdasarkan indikator pemahaman konsep berupa tes uraian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari nilai rata-rata pretest sebesar 42,62, meningkat menjadi nilai rata-rata posttest sebesar 77,76. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yaitu thitung diperoleh sebesar 12,631 ttabel 2,086, yang artinya ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media interaktif pada tema 9 benda-benda di sekitar kita. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas 5 di SD Negeri 62 Buton.
Downloads
References
Ani, & La Anse. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SDN 1 Watuliwu. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar 1(3):144–52. http://ojs.uho.ac.id/index.php/PGSD/issue/view/1529
Arindiono, Rudi Yulio, Nugrahadi Ramadhani, SSn, & MT. (2013). “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Kelas 5 SD.” Jurnal Sains Dan Seni Pomits 2(1):28–32. doi: http://dx.doi.org/10.12962/j23373520.v2i1.2856.
Ingsih, Kusni, Juli Ratnawati, Imam Nuryanto, and Sih Darmi Astuti. 2018. Pendidikan Karakter Alat Peraga Edukatif Media Interaktif. Yogyakarta: Deepublish.
Malawi, Ibadullah, & Ani Kadarwati. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep Dan Aplikasi). Jawa Timur: Cv. Ae Media Grafika.
Muslichatun, Ellianawati, & Sri Wardani. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Konsep Rangka Manusia Berbantuan Media Interaktif Berbasis Android. Jurnal Profesi Keguruan 7(1):142–50. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/29330/11583
Paseleng, Mila C., & Rizki Arfiyani. (2015). Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 5(2):131–49. doi: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p131-149
Shalikhah, Norma Dewi. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Studi Islam XI(1):101–15. http://journal.ummgl.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/105
Shintya, Febrianty, Lisnawati Rusmin, & La Ode Safiun Arihi. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV SDN 26 Kendari. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar 2(2):42–50. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jipsd/article/view/13884/9690
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Sumarsono, Adi, & Murni Sianturi. (2019). Peluang Media Interaktif Dalam Menunjang Efektivitas Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. 6(2):101–10.https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Peluang+Media+Interaktif+dalam+Menunjang+Efektivitas+Pembelajaran+Tematik+di+Sekolah+Dasar&btnG=
Wibawanto, Wanda. (2017). Desain Dan Pemprograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember-Jawa Timur: Cerdas Ulet Kreatif.
Widiastuti, Anik. (2019). Konsep Dasar Dan Manajemen Laboratorium IPS. Yogyakarta: UNY Press.
Zulhelmi, Adlim, & Mahidin. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) 5(1):72–80. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8414