ANALISIS EVALUASI AUTENTIK GURU KELAS IV DI SD NEGERI 63 KENDARI PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN NEGERIKU

Authors

  • Andi Wahyuni Ramli Universitas Halu Oleo
  • I Ketut Suardika Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipsd.v4i2.37

Keywords:

evaluasi autentik, indahnya keberagaman di negeriku

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis evaluasi autentik guru kelas VI di Sekolah Dasar Negeri 63 Kendari pada tema 7 indahnya keragaman negeriku. Penelitian ini memperoleh data dengan cara observasi menggunakan lembar observasi, wawancara menggunakan pedoman wawancara dan dokumentasi dari dokumen guru. Data yang diperoleh dibandingkan dengan standar evaluasi dengan menerapkan model evaluasi stake. Hasil evaluasi kemudian dianalisis melalui 3 tahapan analisis yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pelaksanaan evaluasi autentik Tema 7 indahnya keragaman di negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 63 Kendari memperoleh persentase sebesar 70,27% dengan kategori baik. Jika diuraikan pada tahap awal (perencanaan) memperoleh hasil persentase 65,83%, tahap proses (pelaksanaan) memperoleh hasil persentase 65,8%, dan tahap akhir (manajemen hasil) memperoleh hasil 79,17%. Masih terdapat beberapa standar evaluasi yang harus diperbaiki agar proses evaluasi autentik dapat berjalan sesuai dengan standar pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abindarda, Suardika, I. K., & Anse, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas Ivb Sdn 96 Kendari Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol.2 No.2, 63–72.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jipsd.v2i2.13933

Agustin, N., & dkk. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Yogyakarta: UAD Press.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bojong Genteng: CV Jejak.

Calista, W. (2019). Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Tematik Tema Sumber Energi Kelas III Di MI Negeri 1 Yogyakarta. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, Vol.6 No.2, 196–203.

https://doi.org/https://doi.org/10.36835/modeling.v6i2.450

Fitrah, & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kuantitatif, Tindakan kelas dan studi kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Sleman: Deepublish.

Irdam Idrus, & Sri Irawati. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery LearningDalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), Vol.2 No.22, 90–98.

https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532

Jumari, & Suwandi. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Madrasah Ramah Anak : Tinjauan Teoretis dan Praktis Berbasis CIPP Model. Jawa Barat: Penerbit Adab.

Peraturan Mendikbud. (2013). Permendikbud No 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. 2011, 1–6. https://doi.org/10.1016/j.metabol.2009.10.012

Peraturan Mendikbud. (2014). Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pedoman Evaluasi Kurikulum, (13), 13,23. Diambil dari http://pgsd.uad.ac.id/wp-content/uploads/lampiran-permendikbud-no-104-tahun-2014.pdf (diakses 16 April 2021 pukul 11.03)

Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Reniasih, G. N. (2020). Penerapan Bimbingan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Asesmen Autentik pada Guru di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol.4 No.1, 41-47, https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24278

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Sleman: Deepublish.

Setiawan, H., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Pada Ranah Keterampilan Untuk Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan: Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang, Vol.2 No.7, 874–882.

https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jt.v5i01.3201

Suhendra, A. (2021). Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal IAIN Padangsidimpuan Vol.1 No.1, 86–97.

https://doi.org/https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v1i1.3724

Supriyanto, A., Ds, W., & Herdianto, R. (2020). Peningkatan Kompetensi Mengembangkan RPP melalui Lesson Study bagi Guru SD Laboratorium. Garda Rujukan Digital, Vol.5 No.3, 243–255.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13187

Sutyono, I., Hamid, R., & Amiruddin. (2020), Penggunaan Model Pembelajaran Contructivist Teaching Sequencess (CTS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Di Kelas V Mi Al Fath Kendari. Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.3 No.3, 95–102. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v3i3.14403

Widyasari, W., & Yaumi, M. (2014). Evaluasi Program Pendampingan Guru Sd Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Vol.17 No.2, 281–295. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n2a10

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Ramli, A. W., & I Ketut Suardika. (2022). ANALISIS EVALUASI AUTENTIK GURU KELAS IV DI SD NEGERI 63 KENDARI PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN NEGERIKU. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 111–121. https://doi.org/10.36709/jipsd.v4i2.37
Bookmark and Share