MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN POSTER SESSION PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Wa Ode Eli Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipsd.v4i2.38

Keywords:

model pembelajaran, poster session, hasil belajar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran poster session pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian atau rancangan siklus dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan kelas ini terjadi 2 siklus. Adapun subjek penelitian ini sebanyak 21 siswa kelas V. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pelaksanaan prasiklus siswa masih kurang dalam pembelajaran IPS dengan menunjukan 4 siswa atau 19,04% yang tuntas dalam pembelajaran, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 17 atau 80,96%. Kemudian dilakukan pelaksanaan siklus I yang terjadi peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran poster session dengan menunjukan 10 siswa atau 47,61% yang tuntas dalam pembelajaran, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 11 atau 52,39%. Hal ini kemudian dilakukan pelaksanaan siklus II yang telah memenuhi KKM yaitu sebanyak 17 siswa atau 80,96% yang tuntas dalam pembelajaran, sedangkan 4 siswa atau 19,04% yang tidak tuntas dalam pembelajaran. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa siswa kelas V SD Negeri 1 Kaobula dapat meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran poster session.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajat Sudrajat, E. S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Terhadap Siswa Kelas V SDN Penggilingan 05 Pagi Cakung Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah PGSD, 2(December), 64–70.

Bikhurin’in, O., Husna, A., & Martanti, F. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Circuit Learning Pada Siswa Kelas V. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 9(2), 88–103.

Citrawati, T., Setyawan, A., Jamaludin, G. M., & Hakim, M. L. (2020). Penggunaan Metode Poster Session Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Mahasiswa. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 106–114.

Demaryanti, T., & Suryadi, T. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Discovery Learning Siswa Kelas IX 2 SMP Negeri 4 Mataram. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(November), 22–33.

Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 149–166.

Faslia, F. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Make A Match Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2071–2078.

Hanifah, N., & Sunaengsih, C. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi SDA dan Pemanfaatannya melalui Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Games Book di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Primary Education, 5(1), 1–12.

Hasan, H., Basri, M., & Idawati, I. (2021). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session Berbantuan Audio Visual Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar IPS Murid Kelas V Sdn No. 39 Centre Palleko Kec. Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 212–217.

Holilah, E. R., Asmahasanah, S., Pendidikan, S., Madrasah, G., Agama, F., Ibn, U., & Bogor, K. (2022). Studi Deskriptif Efektivitas Metode Poster Session dalam Pembelajaran PPKn Kelas III SDN Nanggewer Mekar Cibinong. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16089–16097.

Khasanah, A. M., & Rohmah, M. (2022). Pengaruh Poster Session Learning Strategy Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran SD, 6(2), 95–105.

Lenmita. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiri. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(4), 465–469.

Maharani, O. D. tri, & Kristin, F. (2017). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(1), 1–12.

Manik, Y. M., & Maulina, I. (2021). Peningkatan Hasil belajar IPS melalui Model Contextual Teaching and Learning pada Siswa Kelas IV SDN Babulawan Kab. Simalungun. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 31–39.

Mitrakasih La Ode Onde, N. A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Media Gambar pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Molona. Taksonomi Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 46–52.

Rosidah, R. S., Haryanti, Y. D., & Puspitasari, W. D. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble pada Pembelajaran IPS. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019, 2006, 164–171.

Salamah, S., & Giyat, G. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Kooperatif Model Jigsaw. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 4(2), 114.

Sari, F. N. S., & Oktavianti, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ips Dengan Model Problem Solving Berbantuan Media Gambar. Refleksi Edukatika, 5(1).

Tanjung, R. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Scramble Siswa Kelas V SD Pudun Jae pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia. Jurnal Forum Paedagogik, 11(01), 132–148.

Yusnan, M. (2022). Implementation Of Character Education In State Elementary School. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 5(2), 218-223.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Wa Ode Eli. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN POSTER SESSION PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 122–130. https://doi.org/10.36709/jipsd.v4i2.38
Bookmark and Share