PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn DENGAN TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS 5 MI BONE KANCITALA

Authors

  • Satriani Universitas Halu Oleo
  • Lisnawati Rusmin Universitas Halu Oleo
  • Sakka Hasan Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipsd.v4i2.39

Keywords:

pendekatan saintifik, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pkn dengan tema 7 peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas 5 MI Bone Kancitala Kabupaten Muna. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design. Alur penelitian ini adalah kelas yang digunakan untuk penelitian pretest kemudian dilanjutkan dengan pemberian perlakuan yaitu dengan menggunakan pendekatan saintifik, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Bone Kancitala dan sampel penelitian ini adalah kelas V sebagai kelas penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, yaitu berupa pemberian instrumen tes pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan berupa soal pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan analisis deskritif pada Pretest diperoleh nilai rata-rata 48,9 dan pada Postest diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,0 sedangkan analisis inferensial sebelum dilakukan hasil analisis inferensial sebelum dilakukan uji hipotesis dengan menggunkan uji-t satu sampel ( One Sample Test). Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh N- Gain hasil belajar siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan distribusi normal nilai Sig =0,626 >0,05, dengan a = 0,05 dapat disimpukan bahwa pendekatan saintifik berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar PKn dengan tema 7 peristiwa dalam kehidupan siswa kelas V MI Bone Kancitala Kabupaten Muna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto,S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Abindarda, Suardika, I. K., & Anse, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IVb SDN 96 Kendari. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 63–72. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jipsd.v2i2.13933

Fidya (2014). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Entropi No.2. Vol.13:143 https://media.neliti.com/media/publications/277388-pengaruh-penggunaan-pendekatan-saintifik-981e1879.pdf

Ramahdania, Giartri. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Visual Tiga Dimensi Terhadap Belajar Metematika. Jurnal pendidikan dasar. No.4 Vol.13:41 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11235

Lambertus. (2010). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa SD melalui pendekatan matematika. Jurnal pendidikan matematik No.01. Vol 02.154

https://media.neliti.com/media/publications/317547-peningkatan-kemampuan-berpikir-kreatif-s-45e2aed2.pdf

Mahmuda. (2013). Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurna Kependidikan, Vol.6 No.1: 58 http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/1696/1220

Dasopang, Muhammad Darwis. (2017). Belajar dan pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman No. 2. Vol. 03:335 https://www.academia.edu/40950205/belajar_dan_pembelajaran

Nur, S. (2014). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar PKn Pada

Peserta Didik di SMA I Polewali. Jurnal Pepatuzdu, 8 (1), 62–81. https://media.neliti.com/media/publications/283623-pengaruh-pengelolaan- kelas-terhadap-mina-f06acca3.pdf

Nidawati, (2015). Belajar Dalam Perspektif Psikologi dan Agama. Jurnal pionir, No.1, Vol 1:14 . https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/153/134

Radiah & Arihi, L. O. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SDN1 Kasumeeto. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3), 116–122. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jobpgsd.v3i3.14406

Ridwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, No.5 Vol 5,120. https://docplayer.info/47791271-Pendekatan-saintifik-model-pembelajaran-k-13.html

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Teni, N. (2018). Pengembanagan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pengembangan media pembelajaran unruk meningkatkan hasil belajar siswa No. 01, Vol. 03:174

https://www.researchgate.net/publication/342618409_

Wulandari. (2015) Pengaruh Penggunaan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Entropi No.2.Vol.13

https://www.researchgate.net/publication/338407779

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Satriani, Rusmin, L., & Hasan, S. (2022). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn DENGAN TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS 5 MI BONE KANCITALA. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 131–137. https://doi.org/10.36709/jipsd.v4i2.39
Bookmark and Share