PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn DENGAN TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS 5 MI BONE KANCITALA
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipsd.v4i2.39Keywords:
pendekatan saintifik, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pkn dengan tema 7 peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas 5 MI Bone Kancitala Kabupaten Muna. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design. Alur penelitian ini adalah kelas yang digunakan untuk penelitian pretest kemudian dilanjutkan dengan pemberian perlakuan yaitu dengan menggunakan pendekatan saintifik, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Bone Kancitala dan sampel penelitian ini adalah kelas V sebagai kelas penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, yaitu berupa pemberian instrumen tes pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan berupa soal pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan analisis deskritif pada Pretest diperoleh nilai rata-rata 48,9 dan pada Postest diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,0 sedangkan analisis inferensial sebelum dilakukan hasil analisis inferensial sebelum dilakukan uji hipotesis dengan menggunkan uji-t satu sampel ( One Sample Test). Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh N- Gain hasil belajar siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan distribusi normal nilai Sig =0,626 >0,05, dengan a = 0,05 dapat disimpukan bahwa pendekatan saintifik berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar PKn dengan tema 7 peristiwa dalam kehidupan siswa kelas V MI Bone Kancitala Kabupaten Muna.
Downloads
References
Arikunto,S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Abindarda, Suardika, I. K., & Anse, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IVb SDN 96 Kendari. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 63–72. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jipsd.v2i2.13933
Fidya (2014). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Entropi No.2. Vol.13:143 https://media.neliti.com/media/publications/277388-pengaruh-penggunaan-pendekatan-saintifik-981e1879.pdf
Ramahdania, Giartri. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Visual Tiga Dimensi Terhadap Belajar Metematika. Jurnal pendidikan dasar. No.4 Vol.13:41 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11235
Lambertus. (2010). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa SD melalui pendekatan matematika. Jurnal pendidikan matematik No.01. Vol 02.154
Mahmuda. (2013). Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurna Kependidikan, Vol.6 No.1: 58 http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/1696/1220
Dasopang, Muhammad Darwis. (2017). Belajar dan pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman No. 2. Vol. 03:335 https://www.academia.edu/40950205/belajar_dan_pembelajaran
Nur, S. (2014). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar PKn Pada
Peserta Didik di SMA I Polewali. Jurnal Pepatuzdu, 8 (1), 62–81. https://media.neliti.com/media/publications/283623-pengaruh-pengelolaan- kelas-terhadap-mina-f06acca3.pdf
Nidawati, (2015). Belajar Dalam Perspektif Psikologi dan Agama. Jurnal pionir, No.1, Vol 1:14 . https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/153/134
Radiah & Arihi, L. O. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SDN1 Kasumeeto. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3), 116–122. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jobpgsd.v3i3.14406
Ridwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, No.5 Vol 5,120. https://docplayer.info/47791271-Pendekatan-saintifik-model-pembelajaran-k-13.html
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Teni, N. (2018). Pengembanagan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pengembangan media pembelajaran unruk meningkatkan hasil belajar siswa No. 01, Vol. 03:174
https://www.researchgate.net/publication/342618409_
Wulandari. (2015) Pengaruh Penggunaan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Entropi No.2.Vol.13