ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i1.4Keywords:
kesulitan belajar siswa, faktor penyebab, bangun datarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa kelas IV SD Negeri 2 Wanci dalam menyelesaikan soal-soal bangun datar, (2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Wanci dalam menyelesaikan soal-soal bangun datar. Penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Wanci, Kelurahan Wanci, Kecamatan Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Wanci. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptf. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen soal tes, wawancara, dokumentasi. Teknik Analisis data penulis menggunakan teknik Analisis, untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal bangun datar dalam bentuk soal uraian. Hasil penelitian memeroleh kesimpulan tentang berbagai jenis kesulitan dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar. Kesulitan siswa saat mengerjakan soal meliputi: (1) Tidak dapat mengubah kedalam bentuk kalimat matematika dan tidak dapat menyelesaikan soal bangun datar. (2) kesulitan dalam menyelesaiakan bangun datar. (3) kesulitan dalam materi penunjang. Faktor penyebab kesulitan terdiri dari faktor pribadi siswa yang berkaitan dengan kebiasaan belajar siswa, faktor penguasaan konsep materi, dan faktor pemberian bantuan guru
Downloads
References
Budiyanto, U. (2019). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Bibis Bangunjiwo Kasihan Bantul [Universitas PGRI Yogyakarta]. http://repository.upy.ac.id/281/
Fathiyah, N. (2010). Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Ma Manaratul Islam [UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/4662/1/96634-Asnani-FITK.pdf
Hariyanti, L. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Matapelajaran Matematika Pada Materi Lingkaran Kelas Xi Mas Al Washliyah Kampung Mesjid T.A 2019-2020 [UIN Sumatera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/10021/
Jamal, F. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyeselesaikan Soal Cerita Himpunan Bilangan Bulat Di Sd Negeri 5 Meulaboh. MAJU Jurnal Pendidikan Ilmu Matematika, 9(1), 29–39. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/887/835
Juniarti, N., Bahari, Y., & Rivai’e, W. (2015). Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Di Sma. JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning, 4 (2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i2.9025
Muhibbin, S. (2010). Psikologi Belajar. Logos Wacana Ilmu.
Perwira, W. (2017). Studi Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dan Upaya Menanganinya Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/49022/
Pranawati, N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aritmetika Dan Komposisi Fungsi Dalam Materi Fungsi Kelas X SMK Negeri 9 Surakarta [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/54188/
Raharjo, I., Rasiman, & Untari, M. F. A. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96–101. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.27934
SISDIKNAS, U. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 545. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311