MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 7 GU MELALUI METODE GUIDED WRITING
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipsd.v4i2.41Keywords:
metode guided writing, keterampilan menulis, deskripsi siswaAbstract
Tujuan,dari,penelitian,ini yaitu,untuk,meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa pada kelas,V SD Negeri 7 GU. Jenis,penelitian,ini ialah Penelitia Tindakan Kelas (PTK). Prosedur dalam penelitian,ini meliputi perencanaan,,tindakan, pengamatan, evaluasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 7 GU yang berjumlah, 31 orang siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik penelitian yang digunakan ialah mengamati, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dalam siklus I menyatakan 18 dari 31 siswa tuntas,secara klasikal,sebesar 58.06% dengan,nilai rata-rata 67.19. Sedangkan pada siklus II menunjukkan 26 dari 31 siswa,tuntas secara klasikal sebesar 83.87% dengan nilai rata-rata,74.16. Berdasarkan data tersebut, indikator keberhasilan penelitian ini terpenuhi. Oleh,karena,itu, dapat disimpulkan,bahwa,keterampilan,menulis,deskripsi,siswa dapat ditingkatkan,melalui metodeepembelajarannguided writing padaakelassV SD,Negeri 7 GU Kabupaten Buton Tengah.
Downloads
References
Alawia, A. (2019). Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 147-158. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/PiJIES/article/viewFile/959/724
Arikunto, Suharsimi. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Apriani, Wiwi. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Writing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada SDN-9 Langkaipalangkaraya
Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Grafindo Persada
Daryanto. (2018). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta:Gava Media GROUP
Eka Saputri, A., Nuraeni, Y., & Fadhillah, D. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Cerita Dengan Metode Guide Writing Kelas Iii Sdn Karang Tengah 2 Kota Tangerang. Berajah Journal, 1(3), 154–160. https://doi.org/10.47353/bj.v1i3.36
Katiman, K. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Teknikcooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Siswa Kelas V Sekolah Dasar Sukosari 02 Kabupaten Madiun. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam, 16(1), 104-113. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/download/146/173
Nurlatifah, H., Uswatun, D. A., & Amalia, A. R. (2020). Penerapan Metode Guided Writing Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 26-35. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda/article/download/468/426
Amalia, M., Riyadi, A. R., & Mulyasari, E. (2019). Penerapan Strategi Pqrst Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 289–297. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.22934
Eka Saputri, A., Nuraeni, Y., & Fadhillah, D. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Cerita Dengan Metode Guide Writing Kelas Iii Sdn Karang Tengah 2 Kota Tangerang. Berajah Journal, 1(3), 154–160. https://doi.org/10.47353/bj.v1i3.36
Katiman. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Teknikcooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Siswa Kelas V Sekolah Dasar Sukosari 02 Kabupaten Madiun. Gastrointestinal Endoscopy, 16(1), 279–288. http://dx.doi.org/10.1053/j.gastro.2014.05.023%0A
Noviana, & Anse, L. (2019). Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar. Journal Of Basication: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(April), 64–72. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar (uho.ac.id)
Rahman, R., M, M., & Rabani1, L. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menganalisis Cerita Fiksi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Round Club Di Kelas Iv-A Sdn 4 Batalaiworu. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Da, 3, 79–88. https://ojs.uho.ac.id/index.php/jipsd/article/view/23561/14160
Sitaresmi, W. D. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Metode Guided Writing di kelas II SDN 02 Macanan. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 118–127. https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53870
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Aksara.
Zulela. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar, Bandung: Remaja Rosdakarya.