MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 7 GU MELALUI METODE GUIDED WRITING

Authors

  • Priska Deo Kristina Universitas Halu Oleo
  • Mansyur M. Universitas Halu Oleo
  • La Rabani Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipsd.v4i2.41

Keywords:

metode guided writing, keterampilan menulis, deskripsi siswa

Abstract

Tujuan,dari,penelitian,ini yaitu,untuk,meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa pada kelas,V SD Negeri 7 GU. Jenis,penelitian,ini ialah Penelitia Tindakan Kelas (PTK). Prosedur dalam penelitian,ini meliputi perencanaan,,tindakan, pengamatan, evaluasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 7 GU yang berjumlah, 31 orang siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik penelitian yang digunakan ialah mengamati, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dalam siklus I menyatakan 18 dari 31 siswa tuntas,secara klasikal,sebesar 58.06% dengan,nilai rata-rata 67.19. Sedangkan pada siklus II menunjukkan 26 dari 31 siswa,tuntas secara klasikal sebesar 83.87% dengan nilai rata-rata,74.16. Berdasarkan data tersebut, indikator keberhasilan penelitian ini terpenuhi. Oleh,karena,itu, dapat disimpulkan,bahwa,keterampilan,menulis,deskripsi,siswa dapat ditingkatkan,melalui metodeepembelajarannguided writing padaakelassV SD,Negeri 7 GU Kabupaten Buton Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawia, A. (2019). Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 147-158. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/PiJIES/article/viewFile/959/724

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Apriani, Wiwi. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Writing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada SDN-9 Langkaipalangkaraya

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Grafindo Persada

Daryanto. (2018). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta:Gava Media GROUP

Eka Saputri, A., Nuraeni, Y., & Fadhillah, D. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Cerita Dengan Metode Guide Writing Kelas Iii Sdn Karang Tengah 2 Kota Tangerang. Berajah Journal, 1(3), 154–160. https://doi.org/10.47353/bj.v1i3.36

Katiman, K. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Teknikcooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Siswa Kelas V Sekolah Dasar Sukosari 02 Kabupaten Madiun. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam, 16(1), 104-113. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/download/146/173

Nurlatifah, H., Uswatun, D. A., & Amalia, A. R. (2020). Penerapan Metode Guided Writing Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 26-35. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda/article/download/468/426

Amalia, M., Riyadi, A. R., & Mulyasari, E. (2019). Penerapan Strategi Pqrst Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 289–297. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.22934

Eka Saputri, A., Nuraeni, Y., & Fadhillah, D. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Cerita Dengan Metode Guide Writing Kelas Iii Sdn Karang Tengah 2 Kota Tangerang. Berajah Journal, 1(3), 154–160. https://doi.org/10.47353/bj.v1i3.36

Katiman. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Teknikcooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Siswa Kelas V Sekolah Dasar Sukosari 02 Kabupaten Madiun. Gastrointestinal Endoscopy, 16(1), 279–288. http://dx.doi.org/10.1053/j.gastro.2014.05.023%0A

Noviana, & Anse, L. (2019). Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar. Journal Of Basication: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(April), 64–72. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar (uho.ac.id)

Rahman, R., M, M., & Rabani1, L. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menganalisis Cerita Fiksi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Round Club Di Kelas Iv-A Sdn 4 Batalaiworu. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Da, 3, 79–88. https://ojs.uho.ac.id/index.php/jipsd/article/view/23561/14160

Sitaresmi, W. D. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Metode Guided Writing di kelas II SDN 02 Macanan. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 118–127. https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53870

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Aksara.

Zulela. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Additional Files

Published

2022-08-31

How to Cite

Priska Deo Kristina, Mansyur M., & La Rabani. (2022). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 7 GU MELALUI METODE GUIDED WRITING. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 151–159. https://doi.org/10.36709/jipsd.v4i2.41
Bookmark and Share