DESKRIPSI KESALAHAN SISWA DALAM OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN 17 KENDARI

Authors

  • Rahma Sari Universitas Halu Oleo
  • Izlan Sentryo Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Yasin Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipsd.v4i2.42

Keywords:

kesalahan oprasi hitung, bilangan bulat

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Medeskripsikan Kesalahan siswa dalam operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 17 Kendari kemudian mengidentiffikasi kesalahan siswa pada operasi hitung pembagian,mengetahui faktor-faktor kesalahan operasi hitung pembagian yang dialami siswa, dan mendeskripsikan solusi yang tepat untuk mengatasi kesalahan siswa tersebut. Metode yang digunakan dalam dalam penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah 5 orang siswa dari kelas IV. Hasil penelitian dari 5 sampel yang telah diujikan adalah semua sampel dari 5 siswa yang telah di ujikan mengalami kesalahan pada operasi penyelesaian, 3 siswa yang mengalami kesalahan pemahaman soal dan kesalahan pada penyimpulan jawaban, dan 2 siswa lainya mengalami kesalahan pengunaan rumus. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa dalam operasi hitung pembagian menurun yaitu faktor internal dimana ketidaksukaan siswa tersebut terhadap mata pelajaran matematika, dan ketidak inginnya untuk memahami proses penyelesaian operasi pembagian menurun karena menurutnya terlalu rumit. Solusi ntuk mengurangi kesalahan operasi hitung pembagian yaitu dengan melakukan pendekatan kepada siswa agar siswa tidak canggung dan tidak sungkan untuk bertanya sehingga mengurangi keslahan siswa dalam belajar operasi pembagian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, M. T. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Badriyah, L., As’ari, A. R., & Susanto, H. (2017). Profil Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Bilangan Bulat. Research Gate, (January 2017), 485–491. https://www.researchgate.net/profile/Hery-Susanto-4/publication/313058147_Profil_Kesalahan_Siswa_SMP_dalam_Menyelesaikan_Operasi_Hitung_Bilangan_Bulat/links/588f0ed1aca272fa50e192e0/Profil-Kesalahan-Siswa-SMP-dalam-Menyelesaikan-Operasi-Hitung-Bilangan-Bulat.pdf

Haryadi, R., & Andriati, N. (2019). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat. Seminar Nasional Pendidikan MIPA Dan Teknologi (SNPMT II) 2019, (September), 253–264. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/download/1387/1072

Idris, R. (2009). Mengatasi Kesulitan Belajar Dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. 12(2), 152–172. http://103.55.216.56/index.php/lentera_pendidikan/article/download/3798/3470

Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Untuk Siswa Kelas X Ips Di Man 1 Jember. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 135. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642

Khafid, M. & Suroso. (2007). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi, 2(2), 185–204. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/view/447

Najib, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pengoperasian Bilangan Bulat. Saintifik, 7(1), 45–51. https://doi.org/10.31605/saintifik.v7i1.273

Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan Dan Self-Efficacy Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/10403/8137

Pitadjeng. (2006). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.

Rizky Nuras Pratama, Ervina Eka Subekti, and M. Yusuf Setia Wardana. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Soal Hots Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SDN 1 Gunungsari.” Inventa 5(1): 89–101 https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a3487

Susilowati, P. L., & Ratu, N. (2018). Analisis K Esalahan Siswa Berdasarkan Ahapan Newman Dan Scaffolding Pada Materi Aritmatika Sosial Mosharafa: Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 199–206. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/download/mv7n1_2/341

Wahyudi, Muldayanti, N.D. & Qurbaniah, M. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak. Program Studi Pendidikan Biologi: 1–10. http://repository.unmuhpnk.ac.id/281/1/JURNAL%20WAHYUDI.pdf

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Rahma Sari, Izlan Sentryo, & Muhammad Yasin. (2022). DESKRIPSI KESALAHAN SISWA DALAM OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN 17 KENDARI. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 160–170. https://doi.org/10.36709/jipsd.v4i2.42
Bookmark and Share