MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELLING DAN LUAS BANGUN DATA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 100 KENDARI

Authors

  • Sitti Sulwiah Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipsd.v4i2.43

Keywords:

model problem based learning, hasil belajar, bangun datar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendefinisikan aktivitas yang digunakan guru untuk mengajar, aktivitas yang dilakukan siswa saat belajar, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan paradigma Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah jenis penelitian ini. Menurut temuan penelitian ini, kegiatan instruksional instruktur meningkat dari 62,5% menjadi 87,5% pada siklus I dan II. Siklus I dan II mengalami peningkatan aktivitas belajar siswa dari 56,81% menjadi 82,94%. Sebanyak 10 siswa pada siklus I telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal dengan nilai rata-rata 77,77% 70 (56%) dan meningkat menjadi 86,38%. Selain melebihi nilai ketuntasan yang disyaratkan yaitu 80%, sebanyak 26 orang (89%) termasuk dalam kategori tuntas. Dari hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning dapat membantu siswa kelas IV SD Negeri 100 Kendari untuk lebih memahami materi keliling dan luas bangun datar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifulloh, M. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 12–32.

Asrori, & Rusman. (2020). Classroom Action Reserach Pengembangan Kompetensi Guru.

Astuti, P. H. M., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Mibar Ilmu, 26(2), 243–250.

Eliyana, T. (2014). Keefektifan Model Problem Based Leraning Terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas. Of Elementary Education, 3(1), 40–45.

Eskris, Y. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas V SD. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 44.

Fathurrohma, M., & Sutistyori, D. (2012). Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. In Teras.

Fitrianingtyas, A., & Radia, E. H. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02. Mitra Pendidikan, 1(6), 710. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/141/65

Lisanti, S., Effendy, U., & Toybah. (2017). Model Problem Based Learning pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. Inovasi Sekolah Dasar, 4(1), 74–83.

Mubarak, I., & Ariani, Y. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Elementary, 4(2), 70–79.

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801

Patih, T., Sangila, M. S., Agus, I., Hadi, A. La, Aini, N., & Sardin, L. O. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia Interaktif. 13(2), 68.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Sitti Sulwiah. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELLING DAN LUAS BANGUN DATA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 100 KENDARI. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 171–179. https://doi.org/10.36709/jipsd.v4i2.43
Bookmark and Share