MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PUZZLE GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD

Authors

  • Nasti Asriva Universitas Halu Oleo
  • I Ketut Suardika Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Lidya Arisanti Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipsd.v6i1.48

Keywords:

media puzzle gambar, kreativitas belajar siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kreativitas siswa dalam pembelajaran IPS untuk tahun ajaran 2023/2024, di mana media yang digunakan guru masih terbatas pada buku paket saja. Ketiadaan media tambahan dalam pembelajaran IPS berdampak negatif pada motivasi dan partisipasi siswa, yang pada gilirannya menyebabkan rendahnya kreativitas mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan menggunakan media puzzle gambar dalam pembelajaran IPS mengenai materi Pahlawanku di kelas IV SD Negeri 8 Kabawo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan evaluasi, serta (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah 13 siswa kelas IV SD Negeri 8 Kabawo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, pertemuan 1, rata-rata kreativitas siswa mencapai 52,16%, sementara pada pertemuan 2 meningkat menjadi 83,42%. Evaluasi hasil siswa pada siklus 1 menunjukkan persentase ketuntasan 46,15% dengan nilai rata-rata 58,08, sedangkan pada siklus 2, persentase ketuntasan mencapai 84,62% dengan nilai rata-rata 77,69. Berdasarkan data tersebut, indikator keberhasilan penelitian ini telah tercapai, sehingga dapat disimpulkan bahwa kreativitas siswa dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan media puzzle gambar dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 8 Kabawo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiawan, I.K.N., & Wiradnyana, I.G.A. (2020). Tinjauan Komprehensif Penelitian Tindakan Kelas: Teori, Praktek, dan Publikasi. Nilacakra.

Ardiyanti, H., Ismaya, E.A., & Setiawan, D. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Melalui Model STAD (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Puzzle. WASIS: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 29–33. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5191

Daryanto. (2018). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Gava Media.

Faizah, AZ (2020). Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV MIN Bener Purworejo. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, 10(1), 63–71. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alawlad/article/download/2530/1642

Hafidah, E., Sumardi, S., & Suryana, Y. (2020). Pengembangan Media Puzzle Sejarah Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia untuk Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 71–81. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26468

Indaryani, N.T., & Sridiyatmiko, G. (2022). Memanfaatkan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pendidikan IPS. Seri Prosiding Ilmu Sosial & Humaniora, 3, 125–128. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.367

Kenedi. (2017). Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Kelas II SMP Negeri 3 Rokan IV Koto. Suara Guru: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Sains, dan Humaniora, 3(2), 329–347.

Muhdir, M. (2022). Meningkatkan Kreativitas Siswa pada IPS tentang Dampak Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Bermasyarakat dan Berbangsa Melalui Model Pembelajaran Tematik. JPG: Jurnal Penelitian FKIP Universitas Subang, 5(1), 101–112. https://doi.org/10.35569/jpg.v5i1.1254

Neteria, F., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Puzzle Sebagai Media Pembelajaran IPS yang Inovatif di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 82–90. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.25809

Pandiangan, APB (2019). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pengajaran, Profesionalisme Guru, dan Kompetensi Belajar Siswa. Publikasikan lebih dalam.

Qiyami, K.E., & Nilamsari, W. (2021). Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas Siswa SD Islam Al-Azhar 8 Kembangan Jakarta Barat melalui Program Media Kelas Kreatif. Yumary: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 39–49. https://doi.org/10.35912/yumary.v2i1.390

Ratnayanti, G. (2021). Sikap Preventif Melalui Teknik Puzzle (O. Satrio, Ed.). CV. Penerbitan Jakad Media.

Rosdijati, N. (2010). Panduan Pembelajaran IPS Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Sekolah Dasar. Erlangga.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS: Konsep dan Metode Pengajaran (cetak ulang). Remaja Rosdakarya.

Soebachman, A. (2012). Game Seru untuk Membuat Anak Cerdas. Buku Azna.

Wahyuni, D.E., Warsono, W., & Subroto, W.T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament Menggunakan Media Puzzle untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Kalirungkut IV/580 Surabaya. Review Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 179–187. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p179-

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Nasti Asriva, I Ketut Suardika, & Arisanti, W. O. L. (2024). MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PUZZLE GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD . Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.36709/jipsd.v6i1.48
Bookmark and Share