ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipsd.v6i1.50Keywords:
kesulitan siswa, oprasi hitung bilangan bulat, polyaAbstract
Setiap anak tidak memiliki karakter dan sifat yang sama, begitu juga dalam hal kemampuan akademis yang sering disebut kecerdasan. Beberapa anak memiliki kecerdasan yang di bawah, rata-rata, bahkan di atas. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat. Setiap siswa memiliki kesulitan berbeda dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kesulitan yang sering terjadi pada siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat khususnya perkalian dan pembagian. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan metode Polya yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa ulang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes essay kepada seluruh siswa untuk dibagi menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah yang dilakukan wawancara untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes. Data yang diperolah dianalisis secara Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara siswa dengan kategori tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal.
Downloads
References
Akhiruddin, Sujarwo, Haryanto, A., Nurhikmah, H. (2020). Belajar dan Pembelajaran. CV Cahaya Bintang Cemerlang.
Anggito, A & Johan, S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat : CV Jejak.
Apriany, M, L. (2020). Bimbingan Konseling Di SD (Mendampingi Siswa Meraih Mimpi). Yogyakarta : CV Budi Utama.
Adha, S. M., & Rahaju, E. B. (2020). Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 62–71.
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.
Amelia, R., & Mustika, D. (2022). Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas Iv Sdn 84 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1430. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9193
Islam, U., Raden, N., Lampung, I., & Lampung, B. (2019). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung , Bandar Lampung , Indonesia agar terciptanya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien , dapat terciptanya. 2(1), 69–78.
Munirah, M. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 111–127. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1597
Riza Noviyanti, Sri Haryati, J. C. (2023). Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau WEB SWAY OFFICE PADA POKOK BAHASAN ASAM BASA. 8(1), 50–58.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2 [The Importance of Understanding the Characteristics of Elementary School Students at SDN Cikokol 2]. Septiani, Nevi Afiani, Rra, 2(1), 7–17.
Kholida, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal
Cerita Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Tingkat Sense Of Humor Siswa Kelas VIII Di MTSN 1 Jember. Skripsi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Lestari, F,. Fransisca, M,. Nurul, H,. Porita, D, J. (2020). Memahami Karakteristik Anak. Madiun : CV. Bayfa Cekendia Indonesia.
Matara, Kusumawaty (2022). Psikologi Pendidikan. Yokyakarta: Selat Media Patners.
Nur, F., Masita, & Mattoliang, L. A. (2022). Pengembangan Pembelajaran Matematika.
Makassar: PT. Nas Media Indonesia.
Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Malang: Universitas
Muhammadiyah Malang