PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipsd.v6i1.53Keywords:
problem based learning, hasil belajarAbstract
Permasalahan dalam penelitiannya ini adalah hasil belajarnya siswanya rendah dikarenakan siswanya tidak fokus perhatikan materinya yang dipaparkan gurunya, siswa kurang aktif, proses pembelajarannya hanya teori dan ceramah tanpa menerapkan model atau media pembelajaran, dan sumber belajar hanya mengandalkan buku. Tujuan penelitiannya ini agar mengetahui apakah penerapan model PBL dapat tingkatkan hasil belajarnya siswa kelas IV SDN Wakalara pada pembelajaran IPS. Subjeknya ialah guru serta peserta didik kelas IV SDN Wakalara tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 14 orang. Jenis penelitiannya PTK selama 2 siklus serta tiap siklusnya setiap siklusnya 2 kali pertemuan. Hasil penelitiannya siklus I persentasenya tuntas klasikalnya sekitar 64,28% serta siklus II persentasenya tuntas klasikalnya sekitar 85,71%. Demikian, siklus I perlunya peningkatan kemudian dilanjutkan siklus II sehingga siklus II terjadi peningkatan. Kesimpulannya, penerapan model PBL mampu tingkatkan hasil belajarnya siswa kelas V SDN Wakalara pada pelajaran IPS.
Downloads
References
Ahmadi & Rulam. (2014). Pengantar Pendidikan Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta Ar-ruzz Media.
Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning Dengan Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPA abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64-73.
https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9
Efri & Dewi. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas IV. Jurnal Education FKIP UNMA, 6(2), 344–349.
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.497
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 5–11.
https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Kadarwati, A., & Malawi, I. (2017). Pembelajaran Tematik:(Konsep dan Aplikasi). Cv. Ae Media Grafika.
Kisworo, D. A. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pendekatan Problem Based Learning Siswa Kelas 5 SD. Journal of Education Action Research, 5(3), 318-326.
https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.33780
Mahiroh, L. Z. (2022). Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Melalui Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 414-419).
https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1353
Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(2), 195-207.
https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849
Niar, Y. B., & Puspitaningrum, D. A. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPS Tema 7 Subtema 1 Kelas IV SDN Wonosari 01 Bondowoso. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 9(2), 248-256.
https://doi.org/10.19184/jipsd.v9i2.31752
Pane, dkk. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333.
https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Purnamasari, E. (2018). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia).
https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8380
Sari, P. I., & Saputra, K. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 544-554.
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37697
Shaputri, W., & Antosa, Z. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 29 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-10.
Tresnawati, I., & Septiyan, G. D. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Statistika. Jurnal of Elementary Education, 2(3), 99-108.
https://doi.org/10.22460/collase.v2i3.3154
Wena, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara