PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MASALAH MATERI BANGUN DATAR KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Wa Ode Ayustita Universitas Halu Oleo
  • La Ili Universitas Halu Oleo
  • Facharuddin Mustari Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipsd.v6i1.54

Keywords:

lembar kerja peserta didik, masalah, bangun datar

Abstract

Perlu diadakannya lembar kerja peserta didik pada proses pembelajaran, yang disesuaikan dengan karakter siswa adalah hal yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan produk LKPD, mengetahui kelayakan LKPD, dan respon siswa terhadap LKPD berbasis masalah pada materi bangun datar. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa kelas V. Jenis dan desain penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan angket. Prosedur pengembangan LKPD terdiri dari tahap analisis yang meliputi analisis kebutuhan dan analisis karakter siswa, tahap perancangan yang meliputi pengumpulan referensi, penyusunan desain, dan penyusunan instrumen, serta tahap pengembangan yang meliputi penulisan produk LKPD, validasi LKPD, revisi tahap I, uji coba terbatas, dan analisis respon siswa. Hasil analisis penilaian kelayakan LKPD 1 dan LKPD 2 oleh validator ahli dan validator praktisi menunjukkan, bahwa LKPD memenuhi kriteria sangat layak, dengan persentase rata-rata berturut-turut adalah 81,87%, 93,01%, dan 85,31%, 89,88%. Hasil analisis angket respon siswa menunjukkan, bahwa respon yang diberikan siswa dikategorikan sangat baik, dengan persentase sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan LKPD berbasis masalah yang dikembangkan, dinyatakan layak untuk diujicobakan dan memperoleh respon yang sangat baik dari siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 68–76. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.010.07

Andeswari, S., Sholeh, D. A., & Zakiyah, L. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 48–61. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1313

Apriani, F. N., Novaliyosi, N., & Jaenudin, J. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 88. https://doi.org/10.56704/jirpm.v2i2.11658

Aspia Manurung, A., Doly Nasution, M., & Nisah, K. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Melalui Strategi Belajar Small Group Work Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Numeracy, 8(2), 83.

Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. 05(02), 1011–1024.

Basri, Tayeb, T., Abrar, A. I. P., Nur, F., & Angriani, A. D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar. Al- Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 173–182. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1542

Bernard, M., & Mariam, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. 2(2), 77–83.

Budhi Setya, W. (2022). Matematika untuk SD/MI Kelas V (D. Anggraeni, N. Elizza Putri, N. Sari, & B. Sutrisno (eds.)). PT Gelora Aksara Pratama.

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Elfina, S., & Sylvia, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.56

Handayani, P. (2021). Cara Asyik Belajar Bangun Datar di SD (Guepedia/Ag (ed.)). Guepedia. Hari S, B. (2019). Mengenal Bangun Datar (T. Aritanti (ed.)). Penerbit Duta.

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Wa Ode Ayustita, La Ili, & Mustari, F. (2024). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MASALAH MATERI BANGUN DATAR KELAS V SEKOLAH DASAR . Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 80–94. https://doi.org/10.36709/jipsd.v6i1.54
Bookmark and Share