PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipsd.v6i1.55Keywords:
multimedia interaktif, microsot powerpoint, quiswhizzerAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah perlunya media pembelajaran berbasis teknologi untuk memberikan pengelaman belajar baru pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk, dalam hal ini multimedia interaktif berbasis Microsoft PowerPoint dan Quizwhizzer pada pembelajaran IPAS, serta mengetahui kelayakan dan kepraktisan dari produk tersebut. Jenis dan desain penelitian adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari guru dan peserta didik di kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis Microsoft PowerPoint dan Quizwhizzer memenuhi kriteria sangat layak dengan persentase ahli materi sebesar 83,1% dan ahli media sebesar 100% sehingga produk yang dikembangkan layak untuk di uji coba terbatas. Sedangkan hasil penilaian dari angket kepraktisan dengan kriteria sangat praktis oleh guru memenuhi dengan persentase sebesar 96,2% dan persentase sebesar 89,5% oleh peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Microsoft PowerPoint dan Quizwhizzer dinyatakan layak dan juga praktis untuk digunakan dalam pembelajaran IPAS di kelas V tingkat Sekolah Dasar.
Downloads
References
Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168–175. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615
Dewi, N. L. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76–83. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32760
Fau, Y. T. V. (2020). Validitas Handout Bergambar Dilengkapi Peta Konsep Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Susua Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(1), 244–249.
Handini, A., Ermiana, I., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Media Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD Se- Gugus I Kecamatan Narmada. 7. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.412
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran SD. CV Jejak.
Purbasari, D. A., & Palupi, Y. (2023). Keefektifan Penggunaan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD Negeri Widoro Tahun Ajaran 2022/2023. Pubmedia Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 9. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.8
Romisa, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Ispring Suite Pada Mata Pelajaran Informatika Materi Perangkat Keras Komputer. Jurnal Ilmiah Sains Teknologi Dan Informasi, 1(2), 17–23. https://doi.org/10.59024/jiti.v1i2.170
Samsiyah, N., & Fajar, A. (2021). Pengaruh Multimedia Interaktif terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 28–36. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i1.7607
Saputro, B. (2021). Best Practices Penelitian dan Pengembangan (Research & Development). Academia Publication.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan. CV ALFABETA.
Syaflin, S. L. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash pada Materi IPA Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1516–1525. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.3003
Tambunan, M. A., & Siagian, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website (Google Sites) pada Materi Fungsi di SMA Negeri 15 Medan. Humantech: Jurnal Ilmiah Multi Disipliln Indonesia, 2(10), 1520–1533. https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2166
Wardani, M. A., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis E-Book Melalui Pendekatan SAVI Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 230. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.53734
Wati, D. K., Saragih, S., & Murni, A. (2022). Kevalidan dan Kepraktisan Bahan Ajar Matematika Berbantuan FlipHtml5 untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP / MTs pada Materi Koordinat Kartesius. Journal for Research in Mathematics Learning, 5(3), 177–188. https://doi.org/10.24014/juring.v5i3.17424
Zahranisa, A., Marlina, N., & Zuliani, R. (2023). Kefektivitas Pengunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar Kelas III SDN Sindang Panon 2. Masaliq: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(5), 775–789. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1367