PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V

Authors

  • Yuliana Urbach Universitas Halu Oleo
  • Amiruddin B. Universitas Halu Oleo
  • Hikmawati Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipsd.v6i1.55

Keywords:

multimedia interaktif, microsot powerpoint, quiswhizzer

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perlunya media pembelajaran berbasis teknologi untuk memberikan pengelaman belajar baru pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk, dalam hal ini multimedia interaktif berbasis Microsoft PowerPoint dan Quizwhizzer pada pembelajaran IPAS, serta mengetahui kelayakan dan kepraktisan dari produk tersebut. Jenis dan desain penelitian adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari guru dan peserta didik di kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis Microsoft PowerPoint dan Quizwhizzer memenuhi kriteria sangat layak dengan persentase ahli materi sebesar 83,1% dan ahli media sebesar 100% sehingga produk yang dikembangkan layak untuk di uji coba terbatas. Sedangkan hasil penilaian dari angket kepraktisan dengan kriteria sangat praktis oleh guru memenuhi dengan persentase sebesar 96,2% dan persentase sebesar 89,5% oleh peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Microsoft PowerPoint dan Quizwhizzer dinyatakan layak dan juga praktis untuk digunakan dalam pembelajaran IPAS di kelas V tingkat Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168–175. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615

Dewi, N. L. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76–83. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32760

Fau, Y. T. V. (2020). Validitas Handout Bergambar Dilengkapi Peta Konsep Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Susua Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(1), 244–249.

Handini, A., Ermiana, I., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Media Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD Se- Gugus I Kecamatan Narmada. 7. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.412

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran SD. CV Jejak.

Purbasari, D. A., & Palupi, Y. (2023). Keefektifan Penggunaan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD Negeri Widoro Tahun Ajaran 2022/2023. Pubmedia Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 9. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.8

Romisa, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Ispring Suite Pada Mata Pelajaran Informatika Materi Perangkat Keras Komputer. Jurnal Ilmiah Sains Teknologi Dan Informasi, 1(2), 17–23. https://doi.org/10.59024/jiti.v1i2.170

Samsiyah, N., & Fajar, A. (2021). Pengaruh Multimedia Interaktif terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 28–36. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i1.7607

Saputro, B. (2021). Best Practices Penelitian dan Pengembangan (Research & Development). Academia Publication.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan. CV ALFABETA.

Syaflin, S. L. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash pada Materi IPA Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1516–1525. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.3003

Tambunan, M. A., & Siagian, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website (Google Sites) pada Materi Fungsi di SMA Negeri 15 Medan. Humantech: Jurnal Ilmiah Multi Disipliln Indonesia, 2(10), 1520–1533. https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2166

Wardani, M. A., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis E-Book Melalui Pendekatan SAVI Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 230. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.53734

Wati, D. K., Saragih, S., & Murni, A. (2022). Kevalidan dan Kepraktisan Bahan Ajar Matematika Berbantuan FlipHtml5 untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP / MTs pada Materi Koordinat Kartesius. Journal for Research in Mathematics Learning, 5(3), 177–188. https://doi.org/10.24014/juring.v5i3.17424

Zahranisa, A., Marlina, N., & Zuliani, R. (2023). Kefektivitas Pengunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar Kelas III SDN Sindang Panon 2. Masaliq: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(5), 775–789. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1367

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Yuliana Urbach, Amiruddin B., & Hikmawati. (2024). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 95–106. https://doi.org/10.36709/jipsd.v6i1.55
Bookmark and Share