PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V

Authors

  • Delvira Ayu Universitas Halu Oleo
  • Muhamad Abas Universitas Halu Oleo
  • Alimulya Rende Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipsd.v6i1.56

Keywords:

IPS, discovery learning, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS materi kenampakan alam dan kenampakan buatan di Kelas V SD Negeri 93 Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampaun berpikir kritis siswa melalui model Discovery Learning di kelas V SD Negeri 93 Kendari. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Partisipan dalam penelitian ini adalah 22 orang siswa kelas V di SD Negeri 93 Kendari tahun ajaran 2023-2024. Instrumen untuk pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar observasi, tes, dan dokumentasi yang terdiri dari 2 siklus. Analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian pra siklus pada kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh ketuntasan klasikal 40,90%. Pada siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis memperoleh ketuntasan klasikal 66,47%. Pada siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis memperoleh ketuntasan klasikal 82,38%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa melalui model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, H. D., Suara, I. M., & Abadi, I. B. G. S. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS dan Kemampuan Berpikir Kritis Tema Sejarah Peradaban Indonesia Siswa Kelas V SDN 1 Sumerta Tahun Ajaran 2015/2016. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 1–10.

Azizah, U. A., Nurkamto, J., & Drajati, N. A. (2018). Praktek Reflektif: Pengalaman Guru EFL Pra-Jabatan dalam Mengajar Bahasa Inggris. Journal of Language and Linguistic Studies, 14(3), 133–144.

Daryanto. (2018). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Gava Media.

Dewi, D. T. (2020). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 1–14. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25317

Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 1. DOI: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478

Hendracipta, N., Nulhakim, L., & Agustini, S. M. (2017). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 215. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2141

Hidayat, T., Mawardi, & Astuti, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV melalui Model Pembelaran Discovery Learning Pada Tema Indahnya Keberagamandi Negeriku. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 7(1), 1–9.

Ilham, M., & Hardiyanti, W. E. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS dengan Metode Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Globalisasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 12–29. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.12-29

Jumriani, J., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Abbas, E. W. (2021). Telaah Literatur ; Komponen Kurikulum IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129.

Kartika, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Va pada Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Panas di SDN 61 Kendari. Universitas Halu Oleo.

Lidiana, H., Gunawan, G., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 33.

Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 073–082. DOI: https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1465

Pane, A. N., Nyeneng, I. D. P., & Distrik, I. Wayan. (2020). The Effect Of Predict Observe Explain Learning Model Against Science Process Skills Of High School Students. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 11(1), 112–119. DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.32892

Permatasari, I. A., Said, M., & Poly, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPS melalui Model Discovery Learning di SMP Informatika Bina Generasi Kab. Bogor Jawa Barat. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 244–249.

Putra, D. E., Ain, Q. S., Mulyani, A. E., & Anggriani, D. M. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis IPS Siswa melalui Pembelajaran Discovery Learning Di SDN 111 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1704–117.

Sukardi, T. (2015). Pengembangan Strategi Konstruktivistik dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial Mahasiswa. SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan, 8(1), 55–66.

Susanti, S., Masriani, M., & Hadi, L. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(11).

Windarti, Y., Slameto, S., & Widyanti S, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar melalui Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 150–155. DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.353

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Delvira Ayu, Muhamad Abas, & Rende, A. (2024). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V . Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 107–119. https://doi.org/10.36709/jipsd.v6i1.56
Bookmark and Share