MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD

Authors

  • Aldiansyah Djahidin K Universitas Halu Oleo
  • Rimba Hamid Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Yasin Universitas Halu Oleo
  • Ali Mulya Rende Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i1.6

Keywords:

IPA, model pembelajaran, problem based learning, literasi sains siswa

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk (1) mengetahui aktivitas kegiatan guru selama proses pembelajaran dalam penerapan model PBL pada pembelajaran, (2) untuk mengetahui aktivitas kegiatan belajar siswa pada pembelajaran, (3) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa terhadap materi IPA melalui penerapan model PBL di kelas V SDN 37 Kendari. Jenis adalah penelitian tindakan kelas atau (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Rancangan penelitiannya yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi/refleksi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa, (1) aktivitas mengajar guru siklus 1 terlaksana 72,2% dan siklus 2 terlaksana 90,9%, (2) aktivitas belajar siswa siklus terlaksana 83,3% dan siklus 2 terlaksana 83,3%, (3) Tes kemampuan literasi sains siswa secara klasikal siklus 1 sebesar 66,67% dengan kategori rendah lalu meningkat menjadi 94,44% dengan kategori sangat tinggi pada siklus 2. Maka dengan itu penerapan model PBL pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1), 31–52.https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/view/115/110

https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/view/115

Aiman dan Ahmad (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Literasi Sains Pada Siswa Sekolah Dasar. 9(1), 311–320.

https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4092

Fahri Mundzir, M., Sujana, A., & Studi PSD UPI Kampus Sumedang Jl Mayor Abdurachman No, P. (2017). Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SD (Vol. 2, Issue 1).

https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.10677

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar (Vol. 4, Issue 1).

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333

Madya, W., & Rosyidi, A. M. (2017). Model dan Strategi Pembelajaran Diklat (Kajian alternatif yang efektif). Andragogi Jurnal Diklat Teknis, V(1), 100–111.

Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149–157.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.334

Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.

https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/214

Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 909–915.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.181

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9, 34–42.

https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612

Rahman, F., Sujana, A., Sudin, A., Studi, P., Upi, P., Sumedang, K., Mayor, J., & 211 Sumedang, A. N. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Daur Air untuk Meningkatkan Literasi Sains (Vol. 2, Issue 1).

https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.10113

Savira, S., Sutisna, I., & Hardiyanti, W. E. (2020). Aktivitas Pembelajaran Guru di dalam Kelas. Jambura Early Childhood Education Journal, 2(1), 123–137.

https://doi.org/10.37411/jecej.v2i1.121

Wahyuni, N. K. A., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia). Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 230–239.

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.36088

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Aldiansyah Djahidin K, Hamid, R., Muhammad Yasin, & Rende, A. M. (2023). MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 29–40. https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i1.6
Bookmark and Share