MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i1.6Keywords:
IPA, model pembelajaran, problem based learning, literasi sains siswaAbstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk (1) mengetahui aktivitas kegiatan guru selama proses pembelajaran dalam penerapan model PBL pada pembelajaran, (2) untuk mengetahui aktivitas kegiatan belajar siswa pada pembelajaran, (3) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa terhadap materi IPA melalui penerapan model PBL di kelas V SDN 37 Kendari. Jenis adalah penelitian tindakan kelas atau (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Rancangan penelitiannya yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi/refleksi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa, (1) aktivitas mengajar guru siklus 1 terlaksana 72,2% dan siklus 2 terlaksana 90,9%, (2) aktivitas belajar siswa siklus terlaksana 83,3% dan siklus 2 terlaksana 83,3%, (3) Tes kemampuan literasi sains siswa secara klasikal siklus 1 sebesar 66,67% dengan kategori rendah lalu meningkat menjadi 94,44% dengan kategori sangat tinggi pada siklus 2. Maka dengan itu penerapan model PBL pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.
Downloads
References
Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1), 31–52.https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/view/115/110
https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/view/115
Aiman dan Ahmad (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Literasi Sains Pada Siswa Sekolah Dasar. 9(1), 311–320.
https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4092
Fahri Mundzir, M., Sujana, A., & Studi PSD UPI Kampus Sumedang Jl Mayor Abdurachman No, P. (2017). Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SD (Vol. 2, Issue 1).
https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.10677
Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar (Vol. 4, Issue 1).
https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333
Madya, W., & Rosyidi, A. M. (2017). Model dan Strategi Pembelajaran Diklat (Kajian alternatif yang efektif). Andragogi Jurnal Diklat Teknis, V(1), 100–111.
Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149–157.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.334
Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.
https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/214
Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 909–915.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.181
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9, 34–42.
https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612
Rahman, F., Sujana, A., Sudin, A., Studi, P., Upi, P., Sumedang, K., Mayor, J., & 211 Sumedang, A. N. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Daur Air untuk Meningkatkan Literasi Sains (Vol. 2, Issue 1).
https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.10113
Savira, S., Sutisna, I., & Hardiyanti, W. E. (2020). Aktivitas Pembelajaran Guru di dalam Kelas. Jambura Early Childhood Education Journal, 2(1), 123–137.
https://doi.org/10.37411/jecej.v2i1.121
Wahyuni, N. K. A., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia). Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 230–239.