PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 RUKUWA

Authors

  • Rahmi Maimun Zilla Universitas Halu Oleo
  • Sakka Hasan Universitas Halu Oleo
  • Lisnawati Rusmin Universitas Halu Oleo

Keywords:

model pembelajaran, talking stick, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku SD Negeri 1 Rukuwa Kabupaten Wakatobi. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Rukuwa Kabupaten Wakatobi yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Prosedur penelitian yaitu : (1) Perencanaan, (2) pelaksanaan (3) observasi dan evaluasi, (4) refleksi. Hasil analisis penelitian pada siklus I terdapat persentase ketuntasan 38,09% atau 8 orang siswa dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 59,04 dan pada siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 90,47% atau 19 orang siswa dengan nilai rata-rata siswa pada siklus II yaitu 80,47. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku di SD Negeri 1 Rukuwa Kabupaten Wakatobi, setelah melihat hasil penelitia diharapkan dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abindarda, Suardika, I. K., & Anse, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IVb SDN 96 Kendari. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 63–72.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jipsd.v2i2.13933

Ayuni, A. S., Kusmariyatni, & Japa, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V. Journal of Education Technology, 1(1), 183–188.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503

Nurul Fajri, A. Y. & M. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Strategi Joyful Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas VII MTSN Meuraxa Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 1(1), 98–109.

http://www.jim.unsyiah.ac.id/sejarah/article/view/1780

Pandiangan, A. P. B. (2019). PENELITIAN TINDAKAN KELAS sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36.

https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111

Radiah, & Arihi, L. O. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SDN1 Kasumeeto. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3), 116–122. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jobpgsd.v3i3.14406

Rahmi, Elfi, Azriani, N., Marhadi, H., & Hermita, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VB SDIT Insan Utama Pekanbaru. Jurnal Tunjuk Ajar, 1, 94–103.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jta.v1i2.94-103

Risnawati, S., & Fasha, L. H. (2021). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model talking stick melalui pembelajaran ppkn pada kelas iv sdn melong mandiri 2. Journal of Elementary Education, 04(03), 388–394. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/5268

Sanjaya, Wina. (2016) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Group

Sari, E. N., & Setiawan, R. (2019). Framework Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Abad 21. Yogyakarta: UNY Press.

Siregar, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Visual Siswa Pada Konsep Sitem Indra. Jurnal Biotik, 3(2), 100–106.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v3i2.999

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Susanti, Y., & Suana, I. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Komodo Kabupaten Manggarai Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 7 N(2).

https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/socialstudies/article/view/562

Downloads

Published

2022-02-28 — Updated on 2022-02-28

Versions

How to Cite

Rahmi Maimun Zilla, Hasan, S., & Rusmin, L. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 RUKUWA. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1). Retrieved from https://jipsd.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/63-71
Bookmark and Share