PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS IV SD

Authors

  • Kristina Pasudi Universitas Halu Oleo
  • La Ili Universitas Halu Oleo
  • Facharuddin Mustari Universitas Halu Oleo
  • Hikmawati Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i1.7

Keywords:

model pembelajaran, problem solving, hasi belajar

Abstract

penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk: 1) Untuk mengidentifikasi gambaran hasil belajar siswa baik sebelum maupun sesudah penerapan model pembelajaran problem solving, 2) untuk mengetahui adanya variasi hasil belajar matematika antara penggunaan paradigma pembelajaran problem solving. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 57 Kendari dengan subjek penelitian adalah 30 murid yang ada di kelas IV; 13 laki-laki serta 17 perempuan. Penelitian dengan jenis eksperimen dengan desain One Group Prettest-Posttest Design ini memeroleh data dari 1) Sebelum menerapkan model problem solving, hasil tes deskriptif siswa rata-rata 63,86; setelahnya didapatkan hasil rerata 78,45. Angkat rerata didapatkan siswa pada kedua test mengidentifikasi bagaimana paradigma problem solving mampu memberikan peningkatan pada hasil dari belajar mereka. 2) hasil  uji statistik dengan memanfaatkan uji Paired Sample T-tes diatas diketahui bahwa nilai Sig.(2-tailed) ialah 0,000 atau Sig.(2-tailed) < 0,05 jadi menghasilkan hipotesis yaitu H0 ditolak serta H1 diterima. Jadi, dapat dikatakan bahwa ada dampak yang signifikan pada model pembelajaran  problem solving pada hasil dari belajar mereka dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 57 Kendari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustien, D., & Razak, A. (2020). Efektivitas Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Sd Islam Al-Azhar 47 Samarinda Pada Masa Pandemi Covid-19. 5(1), 39–53. https://doi.org/10.35931/am.v5i1.395

Asfar, A.M. Irfan Taufan, dan Syarif Nur. 2018. Model Pembelajaran PPS (Problem Posing & Solving). Sukabumi: CV Jejak.

hutauruk, pindo. (2018). SEJ (School Education Journal) Vol. 8. No 2 Juni 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn Nomor 14 Simbolon Purba, 8(2), 112. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/9770

Lestari, Karunia Eka, dan Mokhammad Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Maesari, C., Marta, R., & Yusnira, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 12–20. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.531

Nababan, S. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Aceh Barat. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 133–122. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/312

Saidah, N. Y. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Desimal Untuk Kelas V Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(1), 646. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n1.p646-652

Sennen Eliterius, D. (2020). ( the Effectiveness of the Problem Solving Model on the Critical. Efektivitas Model Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Berbasis HOTS Dalam Pembelajaran Matematika SD, 1(2). https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jlpd/article/view/1433

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/117s

Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sma Ii. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 57–71. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.

Supardi. 2017. Statistik Penelitian Pendidikan. Depok.: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yulia, Y., & Mawardi, M. (2021). Meta Analisis Efektifitas Problem Based Learning Dan Problem Solving Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. JGK (Jurnal Guru Kita), 5(2), 21-32. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/23901

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Pasudi, K., La Ili, Mustari, F., & Hikmawati. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS IV SD. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 41–49. https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i1.7
Bookmark and Share