PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i1.8Keywords:
problem based learning, hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian meningkatkan hasil tes belajar siswanya dengan menerapkan model PBL Tema 6 Cita-citaku Kelas IVa SDN 100 Kendari. Penelitian di kelas IVa semester genap T.A 2022/2023 SDN 100 Kendari meneliti guru, siswa, serta hasil belajarnya. Siswa Kelas IVa berjumlah 18 siswa. Prosedur PTK melalui 4 langkah, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data lembar observasi dan tes evaluasi. Data kualitatif berupa kegiatan proses pembelajaran aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru. Data kuantitatif berupa nilai hasil belajar siswa. Hasil siklus I presentase tuntas 55,55% dimana rata-ratanya 68,33 naik ke siklus II presentase tuntas 83,33% dimana rata-ratanya 75,55. Sehingga, disimpulkan model Problem Based Learnig untuk Tema 6 Cita-citaku Kelas IVa SDN 100 Kendari meningkat.
Downloads
References
Agus, J., Guru Sekolah Dasar, P., & Muhammadiyah Buton, U. (2022). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6963–6972. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3845
Amelia, R. (2017). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Reflektif Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Sigli . https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/757/
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Dwi Ariyanti, M. R., . R., & Asri Untari, M. F. (2019). Keefektifan Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Dakota Terhadap Hasil Belajar Materi Fpb Dan Kpk. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 73–82. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17323
Eismawati, Koeswanti, R. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika, 3(2), 71–78. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694
Herfina, H., B, A., & Kaimudin, L. O. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Di Kelas V Sdn 17 Kendari. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 10. https://doi.org/10.36709/jipsd.v2i2.13881
Ifnasari, I. A. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Muatan PPKn pada Tema 8 Subtema 1. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15465
Prastitasari, H., Fitria, M., Jumadi, J., Sunarno, S., Annisa, M., & Prihandoko, Y. (2022). Peningkatan Prestasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Pbl, Sr, Dan Qod. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1792. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9250
Sari, P. I., Kristiantari, M. G. R., & Saputra, K. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 544. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37697
Serlita, O. M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas IV SD Negeri 6 Bilalang. 9(2), 541–549. https://doi.org/10.5281/zenodo.7584138
Tombokan, S. S. . (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(1), 135–140. https://doi.org/10.5281/zenodo.4539955
Wijaya, C., & Syahrum, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Melejitkan Kemampuan Penelitian untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. In International Journal of Physiology (Vol. 6, Issue 1). http://repository.unp.ac.id/71/