PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS V SD

Authors

  • Muhammad Ulil Amri Universitas Halu Oleo
  • Izlan Sentryo Universitas Halu Oleo
  • Nana Sumarna Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Lidya Arisanti Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i1.9

Keywords:

penerapan, pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas mengajar gurunya 67,64% pertemuan awal siklus I serta pertemuan kedua 70,58%. Sedangkan siklus II persentase 79,41% pertemuan awal serta persentase 82,35% pertemuan kedua. Aktivitas belajarnya siswa pertemuan awal siklus I persentasenya 61,11% serta pertemuan kedua persentasenya 68,05%. Sedangkan siklus II persentasenya 79,16% pertemuan awal serta persentase 81,94% pertemuan kedua. Hasil belajar  siklus I dari 37 siswa yang memperoleh pendidikan klasikal sebanyak 25 orang yaitu. 67,56 dengan rata-ratanya 67,56. Sedangkan siklus II menunjukkan 31 siswa dinyatakan lulus dimana persentase klasikalnya 83,78% dimana rata-ratanya 74,72. Mengacu informasi yang diberikan, indikator keberhasilannya tercapai, maka kesiampulannya kegiatan mengajarnya guru, siswa dan hasil belajarnya siswa mampu meningkat melalui bantuan model pembelajaran berbasis proyek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, Saiful Fajar Dwi, And An Nuril Maulida Fauziah. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar.” Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 9(2): 390–403.

Ani Widayati, 2018. 2008. “Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta 87.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. Vi No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 Penelitian Vi(1): 87–93.

Anse, La Et Al. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Issn 2548-9119 Pendahuluan Pendidikan Memiliki Peranan Yang Penting Dalam Membentuk Sumber Daya Manusia Yang Cerdas , Cakap , Kreatif , Pendidikan Di Indonesia Dijelaskan Dengan Undang-Undang No.” 5(1): 10–20.

Aprilinda, Yuthsi Et Al. 2020. “Implementasi Augmented Reality Untuk Media Pembelajaran Biologi Di Sekolah Menengah Pertama.” Explore:Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika 11(2): 124. Http://Jurnal.Ubl.Ac.Id/Index.Php/Explore/Article/View/1591/1701.

Balandin, Sergey Et Al. 2010. “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Ilmawan.” Proceedings - 2010 Ieee Region 8 International Conference On Computational Technologies In Electrical And Electronics Engineering, Sibircon-2010 13(2): 728–32.

Izati, Silmy Nauli, Wahyudi, And Martin Sugiyarti. 2018. “Project Based Learning Berbasis Literasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 3(9): 1122—1127-1127. Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/Article/View/11508.

Mariska, Ika. 2021. “Model Pjbl Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa.” Pinisi Journal Pgsd Volume, 1(2): 593–99.

Nurfitriyanti, Maya. 2016. “Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa 6(2): 149–60.

Rusnandi, Enang, Harun Sujadi, Eva Fibriyany, And Noer Fauzyah. 2016. “Implementasi Augmented Reality ( Ar ) Pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3d Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Infotech Journal: 24–31.

Http://Dx.Doi.Org/10.31949/Inf.V1i2.40.

Santoso. 2017. “Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pbl) Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi.” Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis Uns 3(1): 1–7. Https://Jurnal.Fkip.Uns.Ac.Id/Index.Php/Snpe/Article/View/10707.

Suhaimi. 2020. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Numbered Head Together Dan Course Review Horay Dengan Media Bangun Ruang Kelas V/C Sdn Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala.” Jurnal Ilmiah Kependidikan 15(2): 74–86. Https://Jurnal.Stkipbjm.Ac.Id/Index.Php/Jpl/Article/View/1184.

Warsini, Theresia. 2020. “Penerapan Model Pjbl Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii C Smp Negeri 4 Sumbang Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017.” Alphamath : Journal Of Mathematics Education 5(1): 33.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Amri, M. U., Izlan Sentryo, Nana Sumarna, & Arisanti, W. O. L. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS V SD. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 60–69. https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i1.9
Bookmark and Share